Jumat, 28 Februari 2025

Info, PPG Daljab Angkatan I Guru Kemenag Digelar 10 Maret

Info, PPG Daljab Angkatan I Guru Kemenag Digelar 10 Maret

Direktur GTK Madrasah Thobib Al Asyhar

Direktur GTK Madrasah Thobib Al Asyhar

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama menginformasikan jadwal terbaru pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan I. Ketua Panitia Nasional (Panas) PPG Kementerian Agama, Thobib Al Asyhar menjelaskan bahwa PPG Daljab Angkatan I akan digelar pada 10 Maret 2025.

"Update jadwal PPG Daljab bagi guru binaan Kemenag, untuk angkatan I akan digelar mulai 10 Maret 2025," terang Thobib Al Asyhar yang juga Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah di Jakarta, Kamis (27/2/2025).

Menurutnya, saat ini tim masih melakukan proses verifikasi dan validasi melalui mekanisme Lapor Diri. Jumlah pesertanya sangat banyak, mencapai ribuan untuk setiap LPTK (Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan), baik guru madrasah maupun guru pendidikan agama.

"Kami saat ini masih menunggu verval data Lapor Diri guru calon peserta PPG Daljab Angkatan I di LPTK. Bagi guru yang belum selesai melengkapi dokumen Lapor Diri di LPTK masih bisa dilakukan hingga 7 Maret 2025," sebut Thobib.

"Insya Allah, setelah proses ini selesai, maka akan masuk tahap pelaksanaan PPG dan itu dimulai pembukaannya pada 10 Maret 2025," sambungnya.

Berikut tahapan PPG Daljab Angkatan I bagi Guru Kemenag:

1) Modul Profesional: 10 – 19 Maret 2025

2) Modul Pedagogik: 20 – 30 Maret 2025 (29 Libur Hari Raya Nyepi)

3) Libur Hari Raya Idul Fitri: 31 Maret - 01 April 2025

4) Modul PPP: 02 – 11 April 2025

5) Induksi : 12 – 13 April 2025

6) Try Out : 13 – 14 April 2025

7) Uji Pengetahuan: 15 April 2025

8) Unggah Dokumen Ukin: 16 – 20 April 2025

9) Uji Kinerja : 21 – 27 April 2025

"Guru peserta PPG Daljab Angkatan I agar manfaatkan waktu yang tersedia untuk mempersiapkan diri agar mendapat hasil maksimal," tandasnya.

Sabtu, 22 Februari 2025

Contoh Kalimat Memulai Komunikasi dengan Pihak LPTK PPG Daljab Guru Madrasah/RA


Contoh Kalimat Memulai Komunikasi dengan Pihak LPTK PPG Daljab Guru Madrasah/RA


Assalamualaikum

Bapak ibu guru madrasah/ra yang akan menghubungi Panitia LPTK PPG Daljab Kampus yang sesuai penempatan dan bingung terkait kalimat cara menghubunginya silahkan mungkin beberapa kalimat di bawah ini dapat menjadi referensinya.

dan jadwal Lapor Diri untuk peserta PPG Daljab di LPTK yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih banyak atas bantuan dan informasi yang akan diberikan, semoga menjadi amal jariyah bagi Bapak/Ibu. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh"


Contoh 1

Assalamualaikum W.W.

Dengan hormat,

Bapak/Ibu Pimpinan LPTK PPG Daljab,

Saya mengucapkan salam dan doa semoga Bapak/Ibu senantiasa dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Melalui pesan ini, saya bermaksud untuk menjalin komunikasi terkait program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan yang diselenggarakan oleh lembaga yang Bapak/Ibu pimpin, diantaranya ingin menanyakan tentang tata cara untuk lapor diri. atas arahan dan bimbingan terima kasih. "

Wassalamualaikum W.W.

Contoh 2

"Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan kesehatan kepada Bapak/Ibu pengelola LPTK. Dengan hormat saya bermaksud menanyakan informasi terkait prosedur dan jadwal Lapor Diri untuk peserta PPG Daljab di LPTK yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih banyak atas bantuan dan informasi yang akan diberikan, semoga menjadi amal jariyah bagi Bapak/Ibu. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh"


Contoh 3

"Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dengan hormat, semoga Bapak/Ibu pengelola LPTK senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan diberikan kemudahan dalam menjalankan amanah. Mohon kiranya Bapak/Ibu dapat memberikan informasi mengenai mekanisme Lapor Diri bagi mahasiswa PPG Daljab di LPTK Perguruan Tinggi Islam ini, termasuk dokumen yang perlu dipersiapkan. Jazakumullah khairan katsiran atas bantuan dan bimbingan yang telah diberikan. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh"


    Contoh 4

    "Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Bismillahirrahmanirrahim, semoga Allah memberkahi seluruh kegiatan dan program LPTK yang Bapak/Ibu kelola. Saya hendak meminta penjelasan tentang tahapan Lapor Diri PPG Daljab di LPTK yang Bapak/Ibu kelola, beserta batas waktu pelaksanaannya. Terima kasih atas kesediaan Bapak/Ibu membantu, semoga menjadi amal yang bernilai pahala di sisi Allah SWT. WAssalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh"

    Contoh 5

    "Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kepada Yth. Pengelola LPTK PPG Daljab, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan keberkahan dalam setiap langkah Bapak/Ibu. Mohon arahan terkait proses Lapor Diri bagi calon peserta PPG Daljab, termasuk berkas administrasi yang diperlukan dan platform digital yang digunakan. Terima kasih banyak atas bantuan dan informasinya, semoga Allah membalas kebaikan Bapak/Ibu dengan pahala yang berlimpah.Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh"

    Contoh 6

    "Salam takzim, semoga Bapak/Ibu pengelola LPTK senantiasa dalam keadaan sehat wal'afiat dan diberi kemudahan dalam menjalankan tugas mulia mencerdaskan bangsa. Mohon bantuan informasi mengenai prosedur Lapor Diri untuk program PPG Daljab di LPTK ini, termasuk persyaratan teknis dan administratif yang harus dipenuhi oleh calon peserta. Syukran jazilan atas bantuan dan bimbingannya, semoga menjadi ladang amal bagi Bapak/Ibu."

    Rabu, 19 Februari 2025

    Mbah Moedjair


    Mbah Moedjair, Sang Penemu Ikan Mujaer
    Ikan mujaer yang kita kenal saat ini ternyata memiliki sejarah penemuan yang menarik. Sosok di balik penemuan ikan air tawar yang populer ini adalah Mbah Moedjair.

    A. Siapa Mbah Moedjair?
    Seorang nelayan asal Blitar, Jawa Timur.
    Hidup pada sekitar tahun 1890-1957.
    Dikenal gigih dan memiliki ketertarikan pada dunia perikanan.
     
    B. Proses Penemuan
    Pada tahun 1936, Mbah Moedjair menemukan beberapa jenis ikan unik di Pantai Serang, Blitar.
    Ia kemudian membawa ikan-ikan tersebut dan mencoba membudidayakannya di air tawar.
    Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya ia berhasil membudidayakan salah satu jenis ikan tersebut yang kemudian dikenal sebagai ikan mujaer.

    C. Mengapa dinamakan ikan mujaer?
    Nama ""mujaer"" diambil dari nama Mbah Moedjair sendiri sebagai penghormatan atas jasanya dalam menemukan dan membudidayakan ikan tersebut.

    #faktamenarik #ikan #mujaer #faktahewan

    Sabtu, 15 Februari 2025

    Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah tengah menyusun Buku Teks Utama Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab untuk madrasah.

    Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah tengah menyusun Buku Teks Utama Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab untuk madrasah.


    Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam Kemenag RI melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah tengah menyusun Buku Teks Utama Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab untuk madrasah.

    Direktur Jenderal Pendidikan Islam Amien Suyitno menegaskan bahwa Buku Teks Utama PAI dan Bahasa Arab ini harus disusun secara berkualitas. Sebab, buku akan menjadi acuan pembelajaran. Buku akan memberikan value kepada para pembaca dalam mempelajari topik dan konsep yang ada di dalam buku tersebut.

    “Kualitas buku pada dasarnya juga memberikan sumbangsih bagi kualitas Pendidikan dan pembelajaran di madrasah,” ungkap Suyitno saat zoom meeting rapat penulisan Buku teks utama PAI dan Bahasa Arab, Rabu (13/02/2025).

    Menurutnya, konten- konten yang ada di dalam buku teks juga harus benar-benar dipersiapkan dan dipikirkan secara matang, sebab kontek akan menjadi ciri khas yang akan membuat berbeda dari yang lainnya, berkualitas dan berfaedah, ujarnya.

    Dirjen Suyitno juga mengingatkan agar tim penyusun memperhatikan kontekstualisasi tafaqufiddin yang mencerminkan madrasah merupakan lembaga pendidikan formal yang berciri khas keagamaan dan agama. “Jangan sampai penulisan buku teks utama ini hanya sekedar karena diperlukan, tetapi harus mampu memenuhi kebutuhan keilmuannya,”tegas Suyitno.

    Pada kesempatan yang sama, Kepala Subdirektorat Kurikulum dan Evaluasi Abdul Basit menyampaikan bahwa penulisan buku teks utama ini terdiri dari perwakilan kampus- kampus tepilih dan praktisi pendidikan Madrasah yang akan secara bersama menyiapkan semua keperluan materi, juga tim penelaah. “Semua unsur yang dilibatkan agar nanti bisa memiliki persepsi yang sama. Penulis dan penelaah bisa saling diskusi tentang materi dan bisa saling mengoreksi,”terang Basit.

    “Penelaah ini pun akan dilakukan berlapis nantinya. Setelah dilakukan telaah dari tim penelaah secara tersendiri, kemudian kita kirim ke Pusat Penilaian Buku Agama, Lektur dan Literasi Keagamaan untuk ditelaah dan dinilai tentunya sebelum digunakan di Madrasah, semua prosesnya akan menjadi perhatian dan akan kita kawal sampai akhir prosesnya, tandasnya.

    https://pendis.kemenag.go.id/direktorat-kskk-madrasah/kemenag-fokus-siapkan-buku-teks-utama-madrasah-berkualitas-dan-beri-value

    Lapor Diri Peserta PPG Kemenag Ke LPTK Terbaru 2025

    Lapor Diri Peserta PPG Kemenag Ke LPTK Terbaru 2025


    Lapor diri peserta PPG Dalam Jabatan (Daljab) Kemenag ke LPTK akan di laksanakan pada tanggal 17 s.d 28 Februari 2025. Lapor diri di lakukan secara online oleh guru madrasah yang telah di tetapkan lolos mengikuti Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan pada aplikasi EMIS atau SIAGA

    Terdapat beberapa berkas dokumen yang harus di serahkan oleh guru dalam proses lapor diri ke LPTK secara online tersebut. PPG Dalam Jabatan tahun 2025 kini telah sampai pada tahap verifikasi dan validasi berkas dokumen yang di uploud oleh guru ke dalam Emis atau Siaga pada 1 s.d 7 Februari 2025.

    Calon peserta PPG Daljab Kemenag Tahun 2025 yang lolos seleksi administrasi akan di umumkan dan di wajibkan untuk melakukan lapor diri ke LPTK sesuai dalam pemberitahuan pada akun masing-masing guru.

    Tata Cara Dan Berkas Lapor Diri Peserta PPG Daljab Kemenag ke LPTK

    Dalam proses lapor diri, guru madrasah wajib menyertakan berkas-berkas berikut ini dan di kirimkan kepada LTPK yang menjadi penempatan PPG.

    Adapun sejumlah berkas yang harus di sertakan saat Lapor Diri ke LPTK adalah sebagai berikut:

    • Ijazah yang digunakan untuk linieritas PPG beserta transkip nilai;
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    • Foto terbaru (latar warna merah; laki-laki menggunakan jas dan dasi warna hitam; perempuan menyesuaikan);
    • Dokumen RPL.

    Adapun dokumen Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang harus di sertakan oleh peserta dalam Lapor diri ke LPTK adalah sebagai berikut:

    • SK Mengajar sebagai guru maksimal 6 tahun terakhir;
    • Perangkat Pembelajaran yang pernah di buat yang terdiri dari: RPP/Modul Ajar, Materi Ajar, LKPD, Alat Peraga/Media Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian maksimal 12 semester;
    • Pengembangan Kompetensi Profesional yang pernah di ikuti, terdiri dari sertifikat/piagam/Surat Keterangan mengikuti kegiatan ilmiah dari KKG/MGMP/Forum Sejenis maksimal 12 semester;
    • Pengelolaan Administrasi Pembelajaran di buktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah/Madrasah tentang keaktifan guru di bidang manajerial;
    • Inovasi Pembelajaran di buktikan dengan salah satu dari dokumen berikut: Modul Pembelajaran/Video Pembelajaran/Karya lainnya.

    Demikianlah informasi terkait Cara Lapor Diri Peserta PPG Daljab Kemenag Tahun 2025 ke LPTK, semoga dapat memberikan manfaat.

    Senin, 03 Februari 2025

    Daftar Ulang PPG Dalam Jabatan Angkatan 1 Dibuka Besok, Ini Caranya

    Daftar Ulang PPG Dalam Jabatan Angkatan 1 Dibuka Besok, Ini Caranya

    Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (Daljab) Kementerian Agama akan dimulai 1 Maret 2025. Mulai tahun ini, PPG Daljab menggunakan pendekatan baru dengan pola PPG Daljab Tranformasi +, yaitu PPG yang menekankan pembelajaran mandiri melalui LMS plus pendampingan. Selama setahun dilaksanakan 5 angkatan yang masing-masing diperuntukkan bagi sekitar 60 ribu guru madrasah dan guru pendidikan agama. Kemenag menargetkan, di tahun ini dapat menyelesaikan PPG Daljab bagi 269 ribu guru. 

    “Proses daftar ulang dan pemenuhan persyaratan PPG Daljab angkatan pertama akan kita buka mulai besok, 1 sampai 7 Februari 2025,” terang Ketua Panitia Nasional PPG Daljab Kementerian Agama, Thobib Al-Asyhar di Jakarta, Jumat (31/1/2025). 

    Thobib menjelaskan, para guru yang dapat melakukan daftar ulang adalah mereka yang telah mendapatkan pemberitahuan melalui akun EMIS (Education Management Information System) atau SIAGA (Sistem Informasi Akademik Guru Agama). 

    “Kami memberitahukan melalui notifikasi akun EMIS maupun SIAGA kepada sekitar 60 ribu guru untuk angkatan pertama ini,” kata Thobib. 

    “Jadi, langkah pertama, para guru madrasah dan guru pendidikan agama _login_ akunnya masing-masing, lalu cek ada pemanggilan untuk PPG Daljab atau tidak. Bila ada, silakan mengikuti instruksi selanjutnya yang ada di akun masing-masing,” imbuhnya. 

    Ia menambahkan, dalam penyelenggaraan PPG Daljab ini, guru tidak dipungut biaya alias gratis. “Tidak ada biaya apa pun yang harus dikeluarkan guru. Jadi kalau ada yang meminta atau memungut bayaran, silakan laporkan,” pesan Thobib. 

    Berikut tahapan PPG Daljab Kemenag yang perlu diketahui: 

    *1. Daftar Ulang:* 

    Proses pertama yang harus diikuti oleh guru calon peserta PPG Daljab  adalah melakukan daftar ulang di akun EMIS atau SIAGA. 

    Ada sejumlah dokumen yang perlu dipersiapkan dan diunggah dalam proses daftar ulang tersebut. Berikut dokumen yang perlu disiapkan: 
    a. Ijazah yang digunakan untuk linieritas mapel dan terligalisir
    b. Pakta integritas sesuai template
    c. Surat Ijin dari Pimpinan
    d. Surat Keterangan sehat jasmani

    Adapun langkah dalam pendaftaran PPG Daljab Kemenag adalah:
    1. Login sistem menggunakan akun masing-masing
    2. Pilih menu PPG Dalam Jabatan
    3. Lengkapi data diri dan dokumen yang diminta
    4. Memilih bidang studi PPG yang linear dengan ijazah S1/DIV
    5. Pastikan data sudah benar, lalu klik "Kirim Pendaftaran"

    Daftar ulang akan dilaksanakan mulai tanggal 01 - 07 Februari 2025.

    *2. Seleksi Administrasi*

    Setelah mendaftar, tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi yang dilakukan Kemenag. Selanjutnya, calon peserta dapat memantau hasil seleksi administrasi pada akun EMIS atau SIAGA masing-masing. Seleksi administrasi sebagaimana dimaksud dilaksanakan pada tanggal 01 - 10 Februari 2025.

    Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, para guru wajib melengkapi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan.

    "Jadi para guru yang sudah mengetahui mendapatkan panggilan untuk mengikuti PPG, ya harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia," kata Thobib yang juga menjabat sebagai Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah. 

    Para guru juga wajib melakukan Lapor Diri secara online kepada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang telah ditentukan Kemenag. “Tiap guru nanti akan ditentukan mana LPTK yang akan menjadi tempatnya mengikuti PPG. Jadi pantau terus akun EMIS dan SIAGA nya masing-masing,” ujar Thobib. 

    *3. Lapor Diri ke LPTK*

    Calon peserta PPG Daljab yang lolos seleksi administrasi akan memperoleh pemberitahuan dan diwajibkan melakukan Lapor Diri ke LPTK melalui _platform_ Lapor Diri masing-masing LPTK pada tanggal 17 - 28 Februari 2025.

    Adapun sejumlah berkas yang harus disertakan saat Lapor Diri sebagai berikut:

    a. Ijazah yang digunakan untuk linieritas PPG beserta transkip nilai;
    b. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
    c. Foto terbaru (latar warna merah; laki-laki menggunakan jas dan dasi warna hitam; perempuan menyesuaikan);
    d. Dokumen RPL, terdiri dari:
    1) SK Mengajar sebagai guru maksimal 6 tahun terakhir;
    2) Dokumen Perangkat Pembelajaran yang pernah dibuat terdiri dari: RPP/Modul Ajar, Materi Ajar, LKPD, Alat Peraga/Media Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian maksimal 12 semester;
    3) Dokumen Pengembangan Kompetensi Profesional yang pernah diikuti, terdiri dari sertifikat/piagam/Surat Keterangan mengikuti kegiatan ilmiah dari KKG/MGMP/Forum Sejenis maksimal 12 semester;
    4) Dokumen Pengelolaan Administrasi Pembelajaran dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah/Madrasah tentang keaktifan guru di bidang manajerial;
    5) Dokumen Inovasi Pembelajaran dibuktikan dengan salah satu dari dokumen berikut: Modul Pembelajaran/Video Pembelajaran/Karya lainnya.

    *4. Orientasi Akademik*

    Guru yang dinyatakan lolos menjadi Peserta PPG Daljab akan memperoleh orientasi akademik dari LPTK secara daring. Dalam orientasi akademik ini, mahasiswa akan memperoleh informasi dari LPTK terkait desain pembelajaran, sistem pendampingan, serta mekanisme penilaian.

    ‘’Melalui upaya ini, diharapkan peserta PPG nanti memahami dengan baik interaksi pembelajaran yang kami bangun melalui LMS, sehingga setiap prosesnya akan sangat bermakna dan berdampak pada peningkatan kapasitas peserta PPG. Ini merupakan salah satu bentuk pendampingan yang diberikan oleh LPTK kepada peserta PPG,’’ ujar Thobib. 

    Orientasi Akademik sebagaimana dimaksud akan dilaksanakan dalam rentang tanggal 01 - 02 Maret 2025.

    *5. Mengikuti Pembelajaran:*

    Setelah Orientasi Akademik, guru mengikuti proses pembelajaran PPG Daljab melalui _platform_ pembelajaran digital yang disupervisi oleh LPTK. Berbeda dengan PPG model lama yang dilakukan secara _syncronus_, PPG Daljab ini dilakukan dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS). 

    “Proses PPG kali ini dilakukan semuanya secara daring. Jadi amat memudahkan para guru. Yang penting ada laptop dan jaringan internet,” ujar Thobib. 

    Proses pembelajaran akan digelar sekitar 49 hari aktif, mulai tanggal 03 Maret - 05 April 2025. Sebelumnya, pada awal pertemuan para guru akan mengikuti orientasi akademik, dan di akhir pembelajaran akan memperoleh pendampingan dalam bentuk induksi dan try out yang digelar oleh LPTK. 

    *6. Induksi dan _Try Out_*

    Setelah mengikuti seluruh proses pembelajaran di LMS, peserta PPG akan memperoleh pendampingan dari LPTK dalam bentuk Induksi dan _Try Out_ pada tanggal 06 - 09 April 2025. Melalui kegiatan ini, peserta PPG akan memperoleh pendalaman materi dari dosen secara _syncronus_ dan _try out_ soal-soal Uji Pengetahuan secara _online_.

    “Try out ini tujuannya untuk melakukan pemetaan dasar terhadap kemampuan guru,” terang Thobib. 

    *7. Mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG)*

    Setelah mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran, para peserta harus melaksanakan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG). “Ini akan dilakukan terpusat oleh Panitia Nasional PPG Daljab Kemenag. Ujiannnya ada dua,  uji kinerja dan uji pengetahuan,” kata Thobib. 
    Berikut materi uji kinerja atau kompetensi: 
    1. Uji Kinerja yang mengukur kemampuan peserta PPG dalam mengimplementasikan rencana pembelajaran secara memadai dalam bentuk video pembelajaran pada tanggal 14 - 20 April 2025.
    2. Uji Pengetahuan yaitu uji tulis berbasis komputer yang dilaksanakan untuk mengukur penguasaan pengetahuan untuk memenuhi capaian pembelajaran program PPG pada tanggal 21 - 22 April 2025.

    ‘’Yang paling menentukan (kelulusan) adalah mahasiswa (peserta PPG) harus lulus uji kinerja dan uji pengetahuan. Kalau belum lulus dan itu sudah ada standarnya dalam LMS, maka dia belum bisa untuk dinyatakan lulus, belum bisa untuk mendapatkan sertifikat," jelas Thobib. 

    Peserta yang tidak lulus pada salah satu atau kedua ujian di UKMPPG harus mengulang atau remidi. Sementara bagi yang dinyatakan lulus akan diproses untuk mendapatkan sertifikat guru profesional. (Humas)

    Sumber : Siaran Pers 
    Kementerian Agama

    Sahabat Ayo DONASI





    LIHAT JUGA:





    LIHAT JUGA: TERBARU 🛑CARA MEMPERBAIKI DATA PADA SIMPATIKA

    CARA MENDAFTAR PPG SERTIFIKASI GURU

    TIPS MENDIDIK ANAK MENURUT SUNNAH OLEH HABIB NOVEL

    CARA SUNNAH MINUM AIR DAN MANFAATNYA


    LIHAT JUGA: ANK SUPIR ANGKOT JADI POLISI TERBAIK

    ANAK TUKANG GORENGAN JADI TENTARA TNI

    DAHSYATNYA DOA SEORANG IBU


    LIHAT JUGA:

    SOSIALISASI UP BAGI GURU SETTIFIKASI PPG DALJAB

    SOSIALISASI PRE TEST PPG DALAM JABATAN

    AMALAN DALAM ADZAN HABIB SYECH

    TATA CARA WUDHU 


    LIHAT JUGA:

    DOA YANG AKAN MEMBUAT KITA DIKEJAR REJEKI8

    FILOSOFI DIBALIK LOGO KEMERDEKAAN RI TAHUN 2022

    DO'A MAKNA SESUNGGUHNYA


    LIHAT JUGA: BEASISWA GURU PAI DAN KEAGAMAAN

    CARA REGISTRASI DAFTAR PELATIHAN DIWEB PINTAR KEMENAG

    CARA MUDAH CEPAT CETAK KARTU ASN BKN



    LIHAT JUGA:



    Jangan Lupa juga untuk bergabung digroup:

    WhatsApp #1 Klik disini

    WhatsApp #2 Klik disini

    WhatsApp #SahabatRA/MadrasahIndonesia Klik Disini

    WhatsApp #SahabatGURU Klik disini

    Telegram Sahabat Yayasan Ar-Raihan Belalau Klik disini

    Telegram Info RA/Madrasah Indonesia 1 KLIK DISINI

    Telegram Info RA/Madrasah Indonesia 2 KLIK DISINI

    Guru Youtuber KLIK DISINI

    Mohon dengan IKHLAS untuk Klik LIKE, SHARE dan SUBSCRIBE Channel Youtube. Silahkan kunjungi KLIK DISINI


    Senin, 28 Oktober 2024

    Silaturahmi Daerah – 1Kader Penggerak NU Se-Lampung Barat

    Silaturahmi Daerah – 1Kader Penggerak NU Se-Lampung Barat

    Minggu 27 Oktober 2024


    yayasanarraihanbelalau.blogspot.com - Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (NU) Harus Bangga dengan identitas NU-nya, ajak Gus Abrori dihadapan 1000’an Kader Penggerak NU di acara Silatda -1 kader Penggerak NU Lampung Barat .

    “Kader NU di Lampung Barat harus bangga dengan identitasnya, bangun dan lebih giat lagi dalam keaswajaan,” demikian tegas Gus Afit Abrori MP.d (Gus Abrori) selaku koordinator instruktur PWNU Lampung, Ahad 27/10 /2024 bertempat di Masjid Islamic Center Liwa.

    “Apa alasan bangga terhadap NU? Apa yang luar biasa dari NU dibanding yang lain?” ? tanya Gus Abrori

    Gus Afit Abrori menerangkan, setidaknya ada empat alasan yang dapat dibanggakan dalam NU. Pertama, NU sebagai media paling praktis dan lengkap menuju derajat tinggi di sisi Allah.

    “Di NU lengkap yakni meliputi, syariat-hakikat-makrifat,” terangnya.

    Faktor Kedua, yakni fiqih di NU mendapatkan legitimasi dari rasul. Ketiga, NU merupakan pengusung ajaran ahlussunah wal jamaah (Aswaja).

    “Terakhir Keempat, NU telah terbukti dari dulu, mampu menjadi benteng penyelamat Aswaja,” ungkapnya.

    Dengan memahami esensi rasa bangga tersebut harapannya warga NU di Lampung Barat semestinya juga dapat ditularkan kepada orang lain dan generasi sesudahnya.

    “Terkait dengan pewarisan konsep ke-NU-an kepada generasi mendatang. “Bangga harus dilandasi dengan argumen logis, agar dapat diwariskan ke anak-anak sekarang yang semakin kritis,” katanya.

    Sementara itu Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang (PC NU) Lampung Barat KH Imam Syafi’i dalam sambutannya memaparkan pentingnya Konsolidasi dan platform (aplikasi) digdaya (digitalisasi data)

    “Digitalisasi merupakan sesuatu yang penting untuk menjalankan struktur lembaga yang melayani jam’iyah dengan skema layaknya pemerintahan,” kata dia.

    Lanjutnya, Tanggung jawab struktural kepada jami’yah adalah memberikan pelayanan layaknya pemerintah kepada rakyat. Tanggung jawab itu diwujudkan dengan kinerja organisasi yg dapat melayani jamaah sebaik-baiknya melalui konsolidasi tata kelola, agenda, dan sumber daya.

    “Tansformasi digital ini merupakan salah satu cara untuk mengelola organisasi dengan efektif dan penuh tanggung jawab,” pungkasya.

    Hadir diacara Silatda-1 kader Penggerak NU Lampung Barat itu jajaran Forkompimda Lambar, jajaran Pengurus NU mulai tingkat Cabang, 15 Majelis Wakil Cabang, ranting hingga anak ranting.

    Dan lebih kurang 1000’an Kader Penggerak NU yang telah ikuti Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) mulai dari Angkatan Pertama hingga Angkatan ke-XVIII. 

    Penulis: Edi Saputra, S.Pd.I

    Murattal Al-Quran Juz 1 - 30

    Murattal Al-Quran Juz 1 - 30 Juz 1 ⇨ http://j.mp/2b8SiNO Juz 2 ⇨ http://j.mp/2b8RJmQ Juz 3 ⇨ http://j.mp/2bFSrtF Juz 4 ⇨ http://...