Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Alamat: Jl. Lintas Bumi Agung Banjar Agung / Pengeboktela Kec. Belalau Kab. Lampung Barat-Lampung 34873 HP +62822-5072-6635 email: yayasanarraihanbelalau@gmail.com
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Pendaftaran AKGTK sendiri mulai dibuka tanggal 1 hingga 15 November 2021.
Untuk dapat mengikuti AKGTK 2021, terlebih dahulu guru madrasah yang memenuhi kriteria harus melakukan pendaftaran.
Pendaftarannya dilakukan melalui layanan Simpatika dengan menggunakan akun PTK masing-masing.
Sesuai dengan Lampiran Surat Dirjen Pendis Nomor B-3786.1/Dt.I.II/KS.02/10/2021, guru yang harus mendaftar dan mengikuti AKGTK adalah Guru Kelas RA, Guru Kelas MI, Guru Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan BK pada MTs.
Juga guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, dan BK di MA. Selain itu adalah guru BK di MAK. Tapi kemudian di revisi dengan Surat Dirjen Pendis Nomor : 1366/PMU.MEQR/AC/XI/2021 yang dimana Guru RA tidak termasuk kedalam sasaran AKGTK 2021.
Guru harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh Direktorat GTK Madrasah untuk dapat mengikuti AKGTK Tahun 2021.
Sistem simpatika akan menyeleksi guru (PTK) yang telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri mengikuti AKGTK 2021 melalui menu AKG.
Adapun syarat menjadi peserta AKGTK Tahun 2021 sehingga dapat mendaftar melalui laman Simpatika Kemenag adalah sebagai berikut:
Untuk lebih lengkap Daftar Potensi AKG Tahun 2021 bisa di download DISINI
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Surat Edaran Penjadwalan Ulang Bimtek TIM
Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam rangka implementasi Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) Tahun Anggaran 2021, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian
Agama, telah mulai melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM) bagi Tim Inti Madrasah (TIM) di sebagian provinsi pada 18 Oktober 2021 yang lalu.
Mengingat Bimtek dilaksanakan secara daring melalui portal Learning Management System (LMS), maka diperlukan data profil madrasah sasaran, profil peserta, dan registrasi peserta secara daring.
Pelaksanaan verifikasi data dan registrasi peserta dibantu oleh Logistic Service Provider (LSP) di masing-masing Kabupaten/Kota.
Hingga saat ini kecepatan proses verifikasi dan registrasi tidak sama diberbagai kabupaten/kota.
Sedangkan suatu rombongan belajar (Rombel) Bimtek bisa dimulai jika peserta telah registrasi sebanyak 90%. Oleh karena itu Bimtek TIM Tahun Anggaran 2021 dijadwalkan ulang menjadi:
Daftar Rombel yang masuk Angkatan/Batch 1 dan 2 telah dikirimkan kepada Fasilitator dan peserta.
Sedangkan Rombel yang masuk Angkatan/Batch 3, 4, dan 5 akan segera diinformasikan oleh pengelola LMS kepada fasilitator dan peserta melalui email.
Verifikasi data dan registrasi peserta ditutup pada tanggal 5 November 2021, pukul 24.00. Jika terdapat madrasah/peserta yang ditargetkan ikut Bimtek tahun 2021, namun belum registrasi sampai dengan batas waktu di atas maka keikutsertaan Bimtek ditunda tahun 2022.
Demikian pemberitahuan ini, atas kerjasama yang baik kamu ucapkan terima kasih.
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Berikut ini adalah kumpulan beberapa pertanyaan dan jawaban dari peserta BTL AKMI Guru MI dengan Admin Telegram Pusat yang bernama "Yuna Kadarisman".
Dengan addanya Info dan Tanya Jawab Seputar Bimtek Tindak Lanjut (BTL) AKMI Guru Miini semoga akan memebrikan penecerahan bagi bapak ibu, silahkan simak berikut ini yang terdiri 14 Pertanyaan:
01. Pertanyaan; "Kapan undangan Bimtek dikirimkan?" Jawab; Kami sedang menambahkan nama Bapak dan Ibu ke dalam link
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1Ep_sDlcJZ5MiAUPVLCzPLJP6RqszOA8bxhxzqeakazM/edit?usp=sharing Kami akan segera mengirimkan undangan untuk mengikuti Bimtek daring.
02. Pertanyaan; "Dimana tempat cek Moda?" Jawab: Bimtek dilaksanakan dalam 2 moda, daring dan blended, Silahkan memeriksa spreadsheetnya untuk memastikan madrasah Bapak mendapatkan yg daring atau blended. untuk yg blended, sementara ini dilakukan di provinsi masing2, kecuali ada hal yg memaksa untuk dipindahkan ke pusat.
03. Pertanyaan; "Dimana lokasi Bimtek?" Jawab; Lokasi akan segera diumumkan kemudian, untuk saat ini, pastikan sudah terdaftar dulu.
04. Pertanyaan; "Mohon penjelasan terkait Moda Pelaksanaan Bimtek" Jawab; semua bimtek sama, dimulai di hari senin dengan pembukaan dan pada hari kamis-minggu akan ada jadwal khusus, lalu kerja mandiri dari senin-minggu lagi Hari ke 1-3 - kerja mandiri di LMS Hari ke 4-7 - kelas terbimbing (bisa daring atau luring) Hari ke 8-14 - kerja mandiri terbimbing (daring) Total 14 hari Bimtek
05. Pertanyaan; Bolehkah hanya mengirim 1 orang guru?" Jawab; setiap madrasah terdaftar mengirimkan 2 perwakilan Setelah mendaftar, kami akan mengupdate daftarnya. Jika belum muncul, mohon ditunggu.
06. Pertanyaan; "Mohon kirimkan jadwal Bimtek!" Jawab; Jadwal lengkap akan disampaikan kemudian. Moda daring akan dimulai tgl 8 November
07. Pertanyaan; "Bisakah Guru yang telah didaftarkan diganti?" Jawab; Jika ada yg mau diganti, padahal sudah ada namanya, Rekan yg menggantikan diminta mengisi data juga, lalu bapak japri Admin Group telegram mengenai nama yg digantikan dan penggantinya. Silahkan diperiksa di spreadsheet untuk perubahannya.
08. Pertanyaan; "Bolehkan Operator/Proktor yang ikut BTL AKMI ini?" Jawab; Peserta Bimtek adalah guru. Bimtek ini untuk membantu guru mengimplementasikan hasil AKMI ke dalam pembelajaran di kelas. Jadi, jika operator tersebut bukan guru, mohon untuk tidak didaftarkan. Akan salah sasaran
09. Pertanyaan; "Kenapa Spreadsheet tidak bisa di edit?" Spreadsheet memang hanya akses lihat agar Bapak dan Ibu bisa melihat perkembangan status pendaftar secara berkala.
10. Pertanyaan; "Apakah bimtek ini bayar? dan semua biaya ditanggung siapa? Lantas kenapa Tindak Lanjut keburu diadakan padahal pelaksanaan AKMInya saja belum dimulai?" Jawab: Bimtek ini gratis dan tidak berbayar. Semua biaya yg ditimbulkan akibat perjalanan menuju lokasi bimtek (jika blended) akan diganti. Kami ingin mempersiapkan guru untuk menselaraskan antara AKMI dan proses belajar di kelas. Jika siswa melakukan AKMI lalu mendapatkan rekomendasi hasil, lalu bagaimana? Nah, disinilah fungsi bimtek ini, untuk memastikan Bapak dan Ibu guru siap dengan rencana belajar yg fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis (HOTS). Oleh karena itu, bimtek AKMI tidak bisa diberikan jauh setelah pelaksanaan AKMI, harus sekitar waktu pelaksanaannya agar bisa langsung mensikapi hasil AKMI.
11. Pertanyaan; "Bagaimana jika pada saat pelaksaan BTL ada Guru yang berhalangan?" Jawab; Pelaksanaan Bimtek berjalan secar bertahap dan bergelombang. Sama seperti AKMI, Jika berhalangan karena sebagai proktor AKMI, misalnya, namun nama sudah muncul di undangan, mohon disampaikan, nanti kami pindahkan jadwal bimteknya.
12. Pertanyaan; "Apa saja yang perlu dipersiapkan oleh peserta ketika BIMTEK?" Jawab; Ketika pelaksanaan bimtek, Bapak dan Ibu hanya cukup mempersiapkan 1. Laptop 2. Jaringan internet 3. Kesehatan Kami akan siapkan sisanya.
13. Pertanyaan; "Kapan bimtek akan dimulai?" Jawab; Bimtek daring pertama akan dimulai hari Senin. Insya Allah detail undangan akan kami share disini juga (Group telegram BTL AKMI Guru MI 2021). Mohon ditunggu.
14. Pertanyaan; "Saya sudah lama daftar, tapi kenapa sampai sekarang belum muncul di spreadsheet?" Jawab; Kami memasukkan data Bapak dan Ibu berdasarkan NSM yg diketikkan. Kami menemukan banyak sekali NSM yg tidak sesuai sehingga tidak kami proses. Setelah mengisi, silahkan Bapak dan Ibu memeriksa emailnya. Harus ada salinan dari form yg sudah diisi disana. Kalau tidak ada? Berarti ngisinya salah, ulangi lagi. Kalau ada, Silahkan copy paste NSMnya dan masukkan ke google. Jika terdaftar di EMIS berarti benar, jika tidak Ulangi lagi dengan menggunakan NSM yg sesuai. Untuk sementara sampai disini dulu (update 02-11-2021). Insya Allaah besok akan kami update kembali pertanyaan dan jawaban lainnya. Oleh karena itu silakan buka halaman ini kembali nanti. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Kumpulan Info dan Tanya Jawab Seputar Bimtek Tindak Lanjut (BTL) AKMI Guru MI", semoga bermanfa'at.
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Hari/Tanggal : Selasa sd Kamis / 02 sd 04 November 2021
Chek In : Selasa, 02 November 2021, Pukul 13.00 WIB sd selesai
Tempat : Hotel Luminor Pecenongan, Jl. Pecenongan No.35 Jakarta Pusat
Telp. 021 344 7777 / 021 345 0044
Peserta : 1 orang Ketua UPK2B/Pimpinan Pesantren dan/atau yang diberikan Surat Kuasa oleh Pimpinan Pesantren.
Keterangan :
Adapun kelengkapan administrasi Bimbingan Teknis berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3791 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Rehabilitasi Asrama Pontren Tahun Anggaran 2021 yang harus dibawa oleh peserta adalah sebagai berikut:
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi saudara Wahyu/081331279091 dan Muslim/087771276242
Untuk file lengkap Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Rehabilitasi Asrama Pontren Tahap 2 bisa download dibawah ini: KLIK DISINI
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana pada Lembaga Pendidikan Al Quran
Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana pada Lembaga Pendidikan Al Quran yang akan diselenggarakan pada :
Hari/tanggal : Kamis s.d. Sabtu, 4 – 6 November 2021
Registrasi : 13.00 s.d 14.30 WIB
Pembukaan : 15.00 s.d Selesai
Jadwal : Terlampir
Tempat : Karlita Hotel Tegal
Jl. Brigjen Katamso No 31 Tegal Sari
Kec. Tegal Barat Kota Tegal Jawa Tengah
Sehubungan dengan hal tersebut, kami meminta Saudara untuk menugaskan Pimpinan/Kepala LPQ, seperti terlampir sebagai Peserta dalam kegiatan tersebut di atas, dengan ketentuan sebagai berikut :
Untuk file lengkap Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana pada Lembaga Pendidikan Al Quran download dibawah ini
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Pemetaan Moderasi Beragama Pada Madrasah Beberapa Provinsi
Dalam rangka meningkatkan pemahaman moderasi beragama bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah di lingkungan Kementerian Agama.
Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, memohon kepada Saudara untuk menyampaikan link
berikut https://bit.ly/pemetaan-guru-madrasah-2021 kepada satuan kerja di wilayah masing-masing sebagaimana pada lampiran surat berikut.
Pengisian link dimulai tanggal 26 Oktober-3 November 2021.
Untuk file lengkap Pemetaan Moderasi Beragama Pada Madrasah Beberapa Provinsi bisa download melalui tombol dibawah ini.
Klik DISINI
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Pembatalan Pelaksanaan Asesmen Guru dan Tenaga Kependidikan pada jenjang RA Tahun 2021
Menindaklanjuti surat dari ketua PMU REP-MEQR kepada koordinator Komponen 3 PMU REP-MEQR Nomor: 1366/PMU.MEQR/AC/XI/2021 tentang Permintaan Pembatalan Sasaran Guru dan Tendik pada jenjang RA dalam pelaksanaan AKGTK Tahun Anggaran 2021.
Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah membatalkan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) tahun 2021 bagi Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah se Indonesia pada jenjang RA.
Selanjutnya, kami mohon Saudara untuk menyampaikan informasi ini kepada semua guru dan tenaga kependidikan pada jenjang RA di wilayah binaan masing-masing agar dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.
Untuk file lengkap Pembatalan Pelaksanaan Asesmen Guru dan Tenaga Kependidikan pada jenjang RA Tahun 2021 bisa download DISINI.
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Sim KKGTK Jadi Salah Satu Dari 4 Kekuatan Besar Madrasah
Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) menggelar Workshop Evaluasi Bantuan Kelompok Kerja (Block Grant).
Kegiatan ini digelar dalam rangka mengevaluasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan (KKGTK).
Demikian disampaikan oleh koordinator komponen 3 sekaligus Kepala Subdirektorat Bina GTK MI/MTs, Ainur Rofiq saat menyampaikan pengarahan.
Beliau mengatakan alasan SIM KKGTK menjadi sangat penting digunakan salah satunya untuk mengetahui data valid jumlah pokja diseluruh Indonesia dan dalam hal penyaluran yang dengan menggunakan sistem akan lebih mudah.
“Oleh karena itu saya kira sistem informasi manajemen KKGTK harus terus kita pertahankan dan kita tingkatkan kualitasnya, kalaupun ada kekurangan segera diinformasikan dan kita perbaiki bersama-sama,”.
Rofiq menerangkan, ada empat kekuatan besar madrasah Yaitu:
Rofiq berpesan, sesuatu yang bersifat substantif jangan sekali-sekali dikalahkan oleh hal-hal yang bersifat administratif.
“Jangan sampai gara-gara regulasinya tidak ada, gara-gara administrasinya kepentok dengan regulasi maka kita tidak bergerak sama sekali,”.
Konsultan Komponen 3, Makinuddin Samin dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini mengundang kurang lebih 100 orang. 40 orang lebih dari admin simpatika dan sekitar 50 orang admin KKGTK level provinisi.
Menurut Makin, kegiatan ini digelar untuk menghimpun kritik dan masukan supaya pada Tahun 2022 penyelenggaraan penyaluran dan aktivitas pada kelompok kerja dalam pelatihan PKB bisa lebih lancar.
“Oleh karena itu pada kegiatan kita kali ini kita ingin melakukan evaluasi pada tiga domain yang pertama pertama kinerja admin KKG TK yang kedua juknis dan terkait kinerja aplikasi,”.
Makin berharap kepada para peserta workshop untuk memberikan masukan dan kritik agar kita bisa merevisi juknis, memperbaiki kinerja admin dan juga memperbaiki aplikasi.
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan Periode 3 Tahun 2021
Sehubungan dengan telah dilaksanakan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) tahun 2021 dan berdasarkan hasil rapat bersama Panitia Nasional UKMPPG pada tanggal 21 Oktober 2021.
Dengan hormat kami sampaikan daftar rekapitulasi hasil UKMPPG Periode 3 Tahun 2021 sebagaimana terlampir.
Adapun keterangan selengkapnya dapat dilihat pada laman http://ukm.ppg.kemdikbud.go.id/ melalui akun perguruan tinggi maupun masing-masing mahasiswa.
Bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus dapat diberikan sertifikat pendidik, sedangkan bagi yang belum dinyatakan lulus dapat mengikuti ujian pada periode berikutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Untuk file lengkap Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan Periode 3 Tahun 2021 bisa di download di tombol dibawah ini: DOWNLOAD DISINI
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Absensi guru di SIMPATIKA merupakan sesuatu yang urgen utamanya terkait dengan pembayaran tunjangan guru setiap bulannya yang pada biasanya dibayar 3 bulan sekali dan selanjutnya dibayar tiap bulan.
Tidak sedikit teman – teman yang lupa melakukan absensi di SIMPATIKA jadi admin berinisiatif membagikan twibbon sebagai bentuk pengingat bagi teman – teman pengelolah absensi di SIMPATIKA yang kadang lupa karena kebanyakan pekerjaan yang ditangani.
Twibbon jangan lupa absen di SIMPATIKA menjadi bentuk kampanye untuk saling mengingatkan antara satu dengan yang lainnya karena hasil twibbon bisa dibagikan di media soasial seperti facebook, whatssapp, Twitter dan media sosial lainnya termasuk bisa dijadikan status yang bisa dibaca oleh orang – orang yang menyimpan nomer kita.
Jangan Lupa juga gabung digroup
WhatsApp #1 Klik disini
WhatsApp #2
Telegram #1 Klik disini
Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau
Fiqih Qurban (6): Pembagian Daging Qurban Oleh Edi Saputra, S.Pd.I Hewan yang telah diqurbankan, pembagiaannya sangat diharapkan...