SILAHKAN DI ATM (Amati Tiru dan Modifikasi)
UKPPPG 2024: Kunci Jawaban Soal Try Out Studi Kasus PPG Guru Tertentu
1. Permasalahan apa yang pernah anada hadapi?
1. Permasalahan yang pernah saya hadapi adalah peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik kebanyakan diam dan tidak bersemangat.
Beberapa peserta didik asik dengan aktivitasnya, seperti bercerita dengan teman sebangku, bahkan ada yang asik dengan dunianya sendiri, yaitu menggambar apapun di buku tulis yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah khususnya dalam mata pelajaran IPA.
Sebagian besar siswa beranggapan bahwa mata pelajaran IPAS adalah mata pelajaran yang isinya hanya materi dan bersifat hafalan saja. Pembelajaran lebih banyak berpusat pada guru dan seringkali berpusat pada LKS.
Belum adanya pengetahuan dasar mengenai latar belakang peserta didik yang akan diajarkan sehingga masih banyak peserta didik yang kurang aktif dan merasa jenuh dalam kegiatan belajar mengajar.
2. Bagaimana Upaya anda untuk menyelesaikannya?
2. Upaya saya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan mengidentifikasi akar permasalahannya dengan memperhatikan model, metode, dan strategi pembelajaran serta media yang digunakan apakah sesuai dengan karakteristik atau kebutuhan siswa atau tidak.
Agar tidak membosankan saya juga selingi dengan kegiatan Ice Breaking.
Berikut upaya yang saya lakukan:
- Membuat asesmen awal/ asesmen diagnostik untuk mengetahui tingkat kemampuan awal, gaya belajar, dan karakteristik peserta didik, selanjutnya hasil dari asesmen diagnostik tersebut dibuat buku profiling siswa sehingga memudahkan guru dalam membuat rancangan pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa sehingga pembelajarannya lebih bervariasi dan efektif.
- Menggunakan model pembelajaran project based learning atau pembelajaran berbasis proyek.
- Menggunakan media pembelajaran berupa kartu flash card tentang materi pelajaran IPAS khususnya pada materi Bagian-bagian mata melalui aplikasi Canva.
- Menggunakan video pembelajaran yang menarik yaitu video animasi tentang bagian-bagian mata yang saya ambil pada aplikasi youtube
- Menggunakan LKPD bagian-bagian mata yang menarik perhatian siswa, LKPD ini dibuat menggunakan aplikasi Canva
- Memanfaatkan barang bekas disekitar siswa untuk membuat proyek model 3D bagian-bagian mata, yang cara pembuatannya bisa kita lihat melalui video YouTube.
3. Apa Hasil dari Upaya Tersebut?
3. Hasil dari upaya tersebut adalah pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan, dilihat dari wajah senang siswa selama pembelajaran berlangsung, khususnya hasil belajar IPAS yang mengalami kenaikan.
Untuk menghilangkan rasa bosan siswa, saya melakukan Ice Breaking karena seringkali efektif untuk mengusir kejenuhan dan kebosanan mereka saat kegiatan pembelajaran belum usai.
4. Pengalaman berharga apa yang bisa anda petik Ketika menyelesaikan permasalah tersebut?
4. Pengalaman berharga ketika menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dalam membuat asesmen awal atau asesmen diagnostik, sebelumnya saya tidak pernah atau jarang sekali melaksanakan asesmen awal/ asesmen diagnostik.
Saya harus meluangkan waktu yang cukup dalam pembuatannya. Bukan hanya asesmen diagnostik saja, saya juga harus membuat alat peraga/ media pembelajaran yang dapat menarik siswa.
Membuat LKPD yang menarik agar siswa tidak bosan atau jenuh dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.
Berdasarkan refleksi di akhir pembelajaran, saya memperoleh umpan balik dari siswa yang mana mereka menyukai pembelajaran yang saya terapkan, yaitu model project based learning. Melihat hasil evaluasi mengalami kenaikan, siswa tidak lagi menganggap bahwa mata pelajaran IPAS ini membosankan, tetapi pembelajarannya menyenangkan dengan bantuan media pembelajaran yang menarik perhatian.
Dalam mengerjakan soal menggunakan LKPD yang menarik, hasilnya juga sangat memuaskan.
SEMOGA BERMANFAAT DAN SEMOGA LULUS