Sabtu, 07 September 2024

Live Q&A CPNS Kementerian Agama RI Tahun 2024

Live Q&A CPNS Kementerian Agama RI Tahun 2024


Dalam rangka memberikan informasi penting seputar proses seleksi CPNS di Kementerian Agama RI, kami telah merangkum beberapa poin utama yang disampaikan dalam sesi Live Q&A. Informasi ini bertujuan untuk membantu para calon pelamar dalam mempersiapkan diri dan memahami ketentuan terbaru terkait pendaftaran CPNS Kemenag. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan : 

1. Untuk guru tidak harus memiliki serdik, yang mana freshgraduate boleh daftar.

2. Dalam penentuan formasi, lihat jurusan atau program studi di ijazah, bukan gelar (S.H, S.E, dll.) Karena peraturan terbaru berdasarkan program studi.

3. Materai Kemenag sejumlah yang mana dalam penggunaannya sebaiknya sama, jika 1 ematerai maka semua ematerai, jika materai fisik gunakan semua materai fisik.

4. Pendaftaran kemenag dimulai 1 sep-14 sep pukul 23.59 WIB

5. SKD dilaksanakan di titik lokasi terdekat, SKB dilakukan di masing-masing satuan yang didaftar.

6. Jenis ketenagaan pada surat lamaran ditulis formasi yang diinginkan misal Pranata blablabla dan diikuti tempat satuannya misal sekretariat Jenderal.

7. Surat lamaran hanya 4 poin untuk non p3k tanpa ditambahi akreditasi.

8. Jangan memakai materai bekas yang habis digunakan karena bisa menjadi alasan TMS administrasi.

9. Surat pernyataan pada bagian suami/istri/wali/orangtua dicoret bagi yang tidak digunakan. Misal yang ttd ortu, coret semua kecuali ortu.

10. Perkara prodi Manajemen Dakwan dan Manajemen Dakwah Islam, bisa memintakan surat keterangan dari kampus jika kedua prodi tersebut memang sama.

11. Pendaftaran CPNS harus menggunakan Ijazah, tidak boleh surat keterangan lulus, apabila belum terbit bisa mengikuti seleksi yang akan datang.

12. Foto berpakaian formal, untuk ukuran foto tidak berpengaruh berapapun asal formal dan background merah saja.

13. Untuk lulusan terbaik yang lulusan luar negeri, akreditasi A jurusan dan kampus bisa dari surat penyetaraan terkait akreditasi dari instansi (kmenterian) yang berwenang.

14. Yang memiliki sertif guru baik PPG dll akan menjadi pertimbangan namun prinsipnya semua memiliki persamaan kesempatan.

15. Font surat lamaran dan Margin tidak diatur jadi terserah mau pakai apa saja yang penting jelas dan bisa dibaca.

16. Apabila melamar di Kanwil Jawa Tengah misalnya, akan ditempatkan di Jawa Tengah, tidak mungkin diluar Provinsi tersebut.  Untuk pembagiannyangikuti berdasarkan kebutuhan posisi. Misal melamar di UIN Bandung maka akan ditempatkan di UIN Bandung tersebut.

17. Untuk bukti Akreditasi kampus dan jurusan boleh screenshot dari BANPT dan boleh Sertifikat dimana tahunnya harus sesuai dengan kelulusan pelamar bukan yang terbaru.

18. Tes SKB CAT, moderasi beragama, wawancara berlaku untuk semua pelamar di kemenag, yang membedakan adalah jenis tesnya misal pranata komputer bisa jadi akan di tes mengenai pemrograman, aplikasi, dll.

19. Baca aturan tentang jabatan yang dilamar, cari tahu tugasnya bagaimana agar mengetahui apakah kompetensinya sesuai dengan yang dimiliki.

20. Apabila memiliki gelar S2 namun melamar dengan Ijazah S1 pendidikan yang dicantumkan di sscasn dan suratnya bagaimana? Gunakan Pendidikan terakhir dengan Ijazah yang dilamar karena yang akan diseleksi adalah Ijazah yang diajukan yang ada dalam formasi yang dilamar.

21. Scan dokumen prinsipnya adalah dokumen yang diunggah dapat terbaca dengan baik jangan sampai blur, terlalu kecil dll. Mau menggunakan mesin atau aplikasi apapun yang terpenting jelas dokumennya.

22. Tanda tangan harus asli bukan tandatangan digital, elektronik ataupun digital dan scan.

23. Apabila melamar di pusat namun bertempat tinggal di Papua, menimbang jarak kemenag bisa mempertimbangkan akan diadakan ujian di SKD dan SKB di wilayah terdekat.

24. P3k yang mengikuti CPNS jika mendapat persetujuan dari Pyb tidak akan distop gaji dan tunjangannya. Baru ketika lulus dan dikasih NIP baru akan distop dan diberhentikan dan diganti menjadi PNS.

25. Pengisian pengalaman kerja tidak wajib diisi. Karena pada dasarnya CPNS diperuntukkan bagi semua pihak, namun demikian pengalaman pekerjaan bisa menjadi pertimbangan.

Sahabat Ayo DONASI





LIHAT JUGA:





LIHAT JUGA: TERBARU πŸ›‘CARA MEMPERBAIKI DATA PADA SIMPATIKA

CARA MENDAFTAR PPG SERTIFIKASI GURU

TIPS MENDIDIK ANAK MENURUT SUNNAH OLEH HABIB NOVEL

CARA SUNNAH MINUM AIR DAN MANFAATNYA


LIHAT JUGA: ANK SUPIR ANGKOT JADI POLISI TERBAIK

ANAK TUKANG GORENGAN JADI TENTARA TNI

DAHSYATNYA DOA SEORANG IBU


LIHAT JUGA:

SOSIALISASI UP BAGI GURU SETTIFIKASI PPG DALJAB

SOSIALISASI PRE TEST PPG DALAM JABATAN

AMALAN DALAM ADZAN HABIB SYECH

TATA CARA WUDHU 


LIHAT JUGA:

DOA YANG AKAN MEMBUAT KITA DIKEJAR REJEKI8

FILOSOFI DIBALIK LOGO KEMERDEKAAN RI TAHUN 2022

DO'A MAKNA SESUNGGUHNYA


LIHAT JUGA: BEASISWA GURU PAI DAN KEAGAMAAN

CARA REGISTRASI DAFTAR PELATIHAN DIWEB PINTAR KEMENAG

CARA MUDAH CEPAT CETAK KARTU ASN BKN



LIHAT JUGA:



Jangan Lupa juga untuk bergabung digroup:

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2 Klik disini

WhatsApp #SahabatRA/MadrasahIndonesia Klik Disini

WhatsApp #SahabatGURU Klik disini

Telegram Sahabat Yayasan Ar-Raihan Belalau Klik disini

Telegram Info RA/Madrasah Indonesia 1 KLIK DISINI

Telegram Info RA/Madrasah Indonesia 2 KLIK DISINI

Guru Youtuber KLIK DISINI

Mohon dengan IKHLAS untuk Klik LIKE, SHARE dan SUBSCRIBE Channel Youtube. Silahkan kunjungi KLIK DISINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ucapan Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW

Assalamualaikum Wr. Wb. Tabik Pun ! Sahabat Yayssan! Keluarga Besar  Yayasan Ar-Raihan Belalau  Mengucapkan:  Selamat Memperinga...