Sabtu, 18 September 2021

Surat Edaran Surver Lingkungan Belajar Untuk Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik

Surat Edaran Surver Lingkungan Belajar Untuk Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik 

 Dengan hormat, kami informasikan bahwa dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN), seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) diwajibkan mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar.

Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga diharapkan hasil AN memberikan informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran.

Surat Edaran Surver Lingkungan Belajar Untuk Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik
Surat Edaran Surver Lingkungan Belajar Untuk Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik

Pengisian Survei Lingkungan Belajar untuk kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) dilaksanakan sesuai jadwal pada masing-masing jenjang yang sudah ditetapkan melalui POS pelaksanaan AN.

Demi kelancaran pengisian survei tersebut, seluruh operator/proktor satuan pendidikan agar melakukan cetak kartu login pengisian survei.

Informasi detail mengenai mekanisme cetak kartu login dan hal-hal lain terkait pengisian Survei Lingkungan Belajar dapat diakses melalui laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id.

Jadwal pengisian survei lingkungan belajar :

  • SMK, MAK, Paket C, dan yang sederajat : Senin – Kamis, 20 – 23 September 2021
  • SMA, MA, dan yang sederajat : Senin – Kamis, 27 – 30 September 2021
  • SMP, MTs, Paket B, dan yang sederajat : Senin – Kamis, 4 – 7 Oktober 2021
  • SD, MI, Paket A, dan yang sederajat Gelombang I : Senin – Kamis, 8 – 11 November 2021
  • SD, MI, Paket A, dan yang sederajat Gelombang II : Senin – Kamis, 15 – 18 November 2021

Survei Lingkungan Belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output.

Setiap respon yang bapak/ibu berikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif.

Oleh karena itu; kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar; menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.

Login Kepala dan Pendidik : https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login

Untuk token bisa menghubungi proktor masing-masing.

Prosedur Pengisian Survey Lingkungan Belajar

  • Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis
  • Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login SLB
  • Kartu login didapatkan dari proktor/operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard SLB.
  • Halaman dashboard SLB dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/
  • Waktu pengisian akan aktif sesuai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional di setiap jenjang pendidikan.
  • Jika Anda bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan Anda mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan
  • Kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional melalui proktor/operator satuan pendidikan

Untuk file lengkap Surat Edaran Surver Lingkungan Belajar Untuk Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik bisa DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Kamis, 16 September 2021

Pendaftaran Beasiswa Santri Baznas 2021 Dibuka

Pendaftaran Beasiswa Santri Baznas 2021 Dibuka 

 Lembaga Beasiswa BAZNAS adalah program khusus Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS yang memiliki tugas menyediakan dana pendidikan demi terjaminnya keberlangsungan program pendidikan bagi golongan kurang mampu/miskin sebagai pertanggungjawaban antar generasi dan menyiapkan generasi penerus bangsa yang memiliki kedalaman ilmu pengetahuan dan keluhuran akhlak.

Beasiswa Santri BAZNAS adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi para santri aktif yang sedang menempuh pendidikan di pesantren dan merupakan berasal dari kalangan dhuafa/fakir miskin, baik yang berada di tingkat MI sederajat hingga MA Sederajat. Beasiswa diajukan oleh pihak pesantren.

Pendaftaran Beasiswa Santri Baznas 2021 Dibuka
Pendaftaran Beasiswa Santri Baznas 2021 Dibuka

Para peserta beasiswa yang mendapatkan Beasiswa Santri akan mendapatkan bantuan dalam jangka waktu 6 bulan senilai Rp. 500.000,-/bulan.

Persyaratan Beasiswa Santri BAZNAS 2021

  1. Para santri adalah Siswa/siswi aktif dan berprestasi dari pesantren di seluruh Indonesia
  2. Berasal dari keluarga dhuafa/kurang mampu
  3. Pendaftaran dilakukan secara kolektif oleh Pengurus Pesantren.
  4. Pesantren melampirkan proposal pengajuan bantuan beasiswa santri dengan melampirkan dokumen :
    a. SK Pendirian pesantren (Izin Operasional)
    b. SK Pengangkatan Pimpinan
    c. Foto KTP Pimpinan
    d. Foto Buku rekening bank instansi (Bank Syariah)
    e. NPWP Pesantren
    f. Foto SK Ijin Operasional Pesantren (SK IJOP) dari Kemenag
    g. Melampirkan proposal pengajuan beasiswa (format disediakan)
    h. Jumlah santri yang diajukan maksimal 20% dari total siswa
    i. Melampirkan prestasi pesantren atau santri
  5. Pihak Pesantren melengkapi formulir pendaftaran dan upload proposal pada https://bit.ly/daftar- beasiswasantri2021
  6. Informasi panduan dan format dokumen lainnya dapat diunduh pada DOWNLOAD DISINI
  7. Untuk CONTOH FORMAT PROPOSAL BEASISWA BAZNAS 2021 DOWNLOAD DISINI

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Santri BAZNAS 2021

  1. Sekolah mendaftar dan melengkapi form pendaftaran pada
    https://bit.ly/daftar- beasiswasantri2021
  2. Peserta mendaftarkan diri dan mengunggah (upload) berkas pendaftaran di https://bit.ly/panduan-beasiswasantri2021

Demikian informasi tentang Pendaftaran Beasiswa Santri Baznas 2021 Dibuka. Semoga Manfaat.

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Rabu, 15 September 2021

Aplikasi Sispena Ban S/M Versi Excel

Aplikasi Sispena Ban S/M Versi Excel 

Akreditasi merupakan kegiatan rutinitas setiap 5 tahun sekali untuk Sekolah dan Madrasah sebagai tolak ukur kemajuan sebuah instansi dalam mengelolah pendidikan.

Sebelum melakukan akreditasi, Sekolah ataupun Madrasah diwajibkan mengerjakan Sispena Ban-S/M yang dimana pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekolah ataupun Madrasah di wajibkan apload berkas bukan cuma centang – centang seperti biasanya.

Nah, Untuk itu bagi Sekolah Madrasah yang akan melakukan akreditasi perlu mempersiapkan diri sedini mungkin agar nantinya tidak kewalahan menghadapi Akreditasi.

Aplikasi Sispena Ban-S/M Versi Excel
Aplikasi Sispena Ban-S/M Versi Excel

Untuk kesempatan kali ini admin berbagi aplikasi sispena Ban-S/M Versi excel yang akan mempermudah dalam mempersiapkan diri menghadapi akreditasi jauh sebelumnya.

Saat ini akreditasi menggunakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidiikan (IASP) yang mencakup beberapa butir pertanyaan dari setiap empat komponen.

Empat Komponen Akreditasi

  1. Manajeman Sekolah
  2. Mutu Guru
  3. Kelulusan
  4. Proses

Pada aplikasi Sispena ini ada beberapa menu yang bisa kita gunakan guna mempermudah pekerjaan kita. dan sudah di linkkan dengan menu yang lainnya sehingga kita tinggal klik saja.

Dalam menghadapi akreditasi tentu kita butuh yang namanya persiapan sejak dini agar nantinya kita tidak kerepotan dalam menghadapi akreditasi ini.

Menu – Menu Aplikasi Sispena Ban-S/M Versi Excel

  1. Dokumen Sekolah
  2. Indikator Pemenuhan Relatif (IPR)
  3. Rekap dan Nilai
  4. Mutu Lulusan
  5. Proses Pembelajaran
  6. Mutu Guru
  7. Manajemen Sekolah

Aplikasi Sispena Ban-S/M versi excel ini sangan cocok kita gunakan karena disitu kita tahu kesiapan kita sampai berapa persen. dan nantinya dengan apa yang kita miliki kita bisa mengukur nilai berapa yang akan kita dapatkan.

Untuk Aplikasi Sispena Ban-S/M Versi Excel bisa

DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Download Logo Hari Santri 2021 "Santri Siaga Jiwa Raga"

Download Logo Hari Santri 2021 "Santri Siaga Jiwa Raga"

"Tahun ini tema adalah 'Santri Siaga Jiwa Raga'. Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia," ujar Menag saat peluncuran tema dan logo peringatan Hari Santri Nasional di Gedung Kementerian Agama, Selasa (21/9/2021).

Peringatan Hari Santri 2021 mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga, sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren. Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Karenanya, santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia. Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Karenanya, santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia. 

Jadi, Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, di mana santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa) demi kepentingan bersama.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, beberapa rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Hari Santri 2021 di antaranya: Pesantren Virtual Exhibition, Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga yang meliputi VAKSIN (Video Aksi Kiai-Santri Indonesia), Surat Santri untuk Presiden dan Menteri, Challenge Selamat Hari Santri, Santri Sehari Menjadi Menteri, dan berbagai kegiatan lainnya.

Sebagai penutup dari rangkaian peringatan Hari Santri 2021 bakal dilaksanakan Upacara Bendera pada 22 Oktober.

Untuk Logo Hari Santri 2021 Silahkan Download DISINI

Filosofi Logo Silahkan DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Download Perpres No 82 Tahun 2021 Tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren

Download Perpres No 82 Tahun 2021 Tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengesahkan Peraturan Presiden No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Terbitnya Perpres ini diharapkan kian meningkatkan kualitas pendidikan pesantren di Indonesia karena ada regulasi baru yang memperkuat bagi pemerintah daerah untuk membantu dalam hal alokasi anggaran.

“Terbitnya Perpres ini adalah sebuah momentum besar bagi dunia pesantren. Kemenag berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang memiliki komitmen dan perhatian besar dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan pesantren.

Download Perpres No 82 Tahun 2021 Tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren

Perpres No 82 Tahun 2021 ini ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 2 September 2021. Panyusunan Perpres ini dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan melibatkan para pihak dari lintas kementerian/lembaga negara dan stakeholders pesantren.

Menag menjelaskan, dengan terbitnya Perpres Nomor 82 Tahun 2021 ini, pemerintah daerah juga bisa mengalokasikan anggaran untuk membantu pesantren.

Hal ini menjadi langkah positif sebab selama ini, ada keraguan sebagian pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk pesantren lantaran pos pendidikan keagamaan dianggap sebagai urusan pusat atau Kemenag.

Dengan terbitnya Perpres ini, Pemda tidak perlu ragu lagi mengalokasikan anggaran untuk membantu pesantren.

Disebutkan Menag, pada pasal 9 Perpres Nomor 82 Tahun 2021 jelas mengatur bahwa pemerintah daerah dapat membantu pendanaan penyelenggaraan pesantren melalui APBD sesuai kewenangannya.

Pendanaan tersebut dialokasikan melalui mekanisme hibah, baik untuk membantu penyelenggaraan fungsi pendidikan, dakwah, maupun pemberdayaan masyarakat.

“Sekarang tidak ada alasan lagi bagi Pemda untuk tidak mengalokasikan anggaran secara khusus untuk membantu pesantren, baik pada fungsi pendidikan, dakwah, maupun pemberdayaan masyarakat,”.

Menurut Menag, terbitnya Perpres ini sekaligus menjadi kado jelang peringatan Hari Santri 22 Oktober 2021. Sebelumnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren juga ditetapkan jelang peringatan Hari Santri 2019.

Dana Abadi Pesantren

Terkait Dana Abadi Pesantren, Menag Yaqut mengaku akan segera berkoordinasi dengan Menteri Keuangan selaku pengelola Dana Abadi Pendidikan. Sebab, dalam Perpres diatur bahwa Dana Abadi Pesantren bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan.

“Ini akan Kemenag bahas bersama mekanismenya dengan Kemenkeu, baik yang terkait dengan alokasi maupaun prioritas program. “Dana Abadi Pesantren khusus untuk penyelenggaraan fungsi pendidikan Pesantren”.

Untuk File lengkap Download Perpres No 82 Tahun 2021 Tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren bisa

DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Selasa, 14 September 2021

Kumpulan Komponen EDM Online Bukti Fisik Yang Wajib Diapload

Kumpulan Komponen EDM Online Bukti Fisik Yang Wajib Diapload 

A. Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah

A.1 Apakah semua guru hadir di sekolah sesuai kalender pendidikan berdasarkan kurikulum nasional?

Bukti Fisik:

  1. Daftar absensi kehadiran guru: daftar guru diambil dari EMIS sedangkan proporsi kehadiran dientri oleh TPM
  2. Surat keterangan penyebab guru tidak hadir
  3. Bukti dari sekolah bahwa ada siswa yang berhalangan hadir sehingga proses pembelajaran tidak terganggu

Wajib Di Upload:

  • Rekap absensi guru wajib diupload, dokumen lain disimpan di madrasah

A.2 Apakah semua guru mengajar di kelas sesuai jadwal mata pelajaran yang ditetapkan?

Bukti Fisik:

  1. Daftar absensi kelas yang ditandatangani oleh guru dan perwakilan siswa. Daftar ini dilengkapi dengan penjelasan pokok materi yang diberikan. Daftar guru diambil dari data EMIS sedangkan proporsi guru mengajar dientri oleh TPM

Wajib Di Upload:

  • Rekap daftar absensi kelas

A.3 Apakah kepala madrasah melakukan supervisi secara rutin proses pembelajaran terhadap seluruh guru?

Bukti Fisik:

  1. Buku hasil pengawasan kepala madrasah terhadap guru, resume rapat penyampaian hasil pengawasan dan tindak lanjut
  2. Wawancara TPM dengan para guru

Wajib Di Upload:

  • Contoh hasil supervisi kepala madrasah dan resume hasil rapat

A.4 Apakah semua siswa hadir di sekolah mengikuti pelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan?

Bukti Fisik

  1. Buku absensi / kehadiran siswa. Daftar siswa diperoleh dari EMIS
  2. Jurnal harian guru piket
  3. Surat keterangan ijin siswa yang tidak hadir ke sekolah atau di kelas

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar absensi siswa

A.5 Apakah siswa aktif membaca/meminjam buku yang tersedia dalam perpustakaan?

Bukti Fisik

  1. Buku kunjungan perpustakaan
  2. Buku peminjaman buku perpustakaan

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar siswa yang membaca / meminjam buku di perpustakaan

A.6 Apakah Madrasah melaksanakan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan?

Bukti Fisik

  1. Daftar penugasan guru dan tenaga kependidikan dan latar belakang pendidikannya
  2. Daftar beban kerja guru dan tenaga kependidikan
  3. Daftar keaktifan guru
  4. Daftar rekor prestasi guru

Wajib Di Upload:

  • Daftar penugasan guru

A.7 Apakah Madrasah secara rutin melakukan pertemuan dengan guru dan tenaga kependidikan untuk melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah/madrasah dalam rangka pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan?

Bukti Fisik

  1. Daftar hadir rapat guru dan tenaga kependidika
  2. Resume hasil pertemuan rapat dengan guru dan tenaga kependidikan

Wajib Di Upload:

  • Contoh resume hasil pertemuan rapat

adminbawean.com – Kumpulan Komponen EDM Online Bukti Fisik Yang Wajib Diapload

B. Aspek Pengemabangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan

B.1 Apakah kepala madrasah aktif mengikuti pelatihan atau kegiatan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan kapasitas kepala sekolah?

Bukti Fisik

  1. Daftar undangan pelatihan / lokakarya / pertemuan
  2. Sertifikat keikutsertaan

Wajib Di Upload:

  • Beberapa contoh sertifikat pelatihan diuploa

B.2 Apakah Semua aktif mengikuti KKG/MGMP?

Bukti Fisik

  1. Daftar absensi kehadiran guru di KKG / MGMP
  2. Bukti keaktifan guru mengikuti kegiatan pengembangan diri secara online

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti MGMP atau sejenisnya

B.3 Apakah guru aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi?

Bukti Fisik

  1. Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
  2. Bukti keikut sertaan pelatihan dan lokakarya dalam bentuk sertifikat

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan/workshop

B.4 Apakah kepala administratif aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi dan ketrampilan?

Bukti Fisik

  1. Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
  2. Bukti keikut sertaan pelatihan dan lokakarya dalam bentuk sertifikat

Wajib Di Upload:

  • Contoh sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop

B.6 Apakah kepala perpustakaan aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi?


Bukti Fisik

  1. Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
  2. Bukti keikut sertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat

Wajib Di Upload:

  • Contoh sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop

C. Aspek Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran

C.1 Apakah semua guru Guru mengembangkan RPP yang diampunya?

Bukti Fisik

  1. RPP dari setiap guru
  2. Hasil wawancara

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menyusun RPP dan contoh 1 RPP

C.2 Apakah guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran?

Bukti Fisik

  1. RPP dari setiap guru
  2. Hasil wawancara

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menggunakan metode pembelajaran

C.3 Apakah Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa dan mapel?

Bukti Fisik

  1. Hasil wawancara dan hasil kepala madrasah
  2. Hasil wawancara dengan guru
  3. Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai

C.4 Apakah Guru menggunakan penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran?

Bukti Fisik

  1. Bukti pelaksanaan yang dilakukan setiap guru
  2. Hasil wawancara dengan guru
  3. Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran

C.5 Apakah guru melakukan evaluasi dan penilaian setiap siswa?

Bukti Fisik

  1. Daftar nilai ulangan harian
  2. Daftar nilai ulangan mingguan dan semesteran
  3. Daftar catatan guru atas individu siswa
  4. Daftar guru yang memberikan hasil dalam bentuk ulangan, pemantauan dan penugasan ke siswa wajib diupload

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar guru yang melakukan pelayanan dalam bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa

C.6 Apakah guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perencanaan program remedial, pengayakan dan perbaikan proses pembelajaran?

Bukti Fisik

  1. Dokumen perencanaan program perbaikan, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajar dari setiap guru
  2. Hasil wawancara guru

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang membuat perencanaan program perbaikan, pengayaan dan konseling

C.7 Apakah Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayakan secara rutin?

Bukti Fisik

  1. Jadwal kegiatan remedial dan / atau pengayakan
  2. Daftar peserta remedial dan kehadirannya
  3. Daftar peserta pengayakan dan kehadirannya

Wajib Di Upload:

  • Contoh jadwal remedial / pengayaan dan daftar siswa yang mengikuti

D. Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran

D.1 Apakah buku teks dan bacaan, baik tercetak maupun digital, tersedia lengkap di madrasah?

Bukti Fisik

  1. Daftar buku teks dalam bentuk cetakan dan di perpustakaan digital
  2. Daftar buku bacaan dalam bentuk cetakan dan di perpustakaan digital

Wajib Di Upload:

  • Daftar buku teks dan cetakan

D.2 Apakah alat bantu proses pembelajaran tersedia untuk semua guru?

Bukti Fisik

  1. Hasil wawancara dengan guru
  2. Daftar alat bantu yang tersedia di sekolah

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menggunakan alat bantu proses pembelajaran yang sesuai

D.3 Apakah alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) tersedia di madarasah?

Bukti Fisik

  1. Hasil wawancara dengan guru
  2. Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah

Wajib Di Upload:

  • Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah

D.4 Apakah semua guru menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran?

Bukti Fisik

  1. Daftar buku teks / digital yang digunakan guru
  2. Wawancara dengan semua guru
  3. Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

D.5 Apakah semua siswa menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dlm proses pembelajaran?

Buktu Fisik

  1. Daftar buku teks yang dimiliki siswa
  2. Hasil wawancara guru
  3. Hasil wawancara siswa

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar buku teks dan buku digital yang dimiliki siswa wajib diupload

E. Aspek Perencanaan Pembiayaan

E.1 Apakah madrasah telah menyusun rencana kerja dan anggaran sekolah dalam e-RKAM?

Bukti Fisik

  1. RKAM
  2. Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan RKAM
  3. Wawancara dengan guru
  4. Wawancara dengan komite madrasah

Wajib Di Upload:

  • Optional

E.2 Apakah Madrasah menyediakan dana transport yang cukup bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan?
Bukti Fisik

  1. Laporan penggunaan dana sekolah
  2. Wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan
  3. Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan

E.3 Apakah Madrasah menyediakan dana untuk pembelian bahan pendukung habis pakai yang cukup bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan?

Bukti Fisik

  1. Laporan penggunaan dana sekolah
  2. Wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan
  3. Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung

E.4 Apakah Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua siswa dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota?

Bukti Fisik

  1. Laporan keuangan
  2. Bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan kepada Komite madrasah

Wajib Di Upload:

  • Bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kankemenag dan Komite Madrasah
Untuk file Kumpulan Komponen EDM Online Bukti Fisik Yang Wajib Diapload bisa ——— DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru

Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru

Merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pusat guna mempermudah pekerjaan kita sebelum mengerjakan EDM e-RKAM online.

Dalam mengerjakan aplikasi EDM – e-RKAM kita perlu mempunyai konsep agar tidak kesulitan dalam pengerjaan EDM – e-RKAM online.

Untuk itu, Aplikasi EDM e-RKAM Excel versi 2 menjadi solusi dalam mempersiapkan segala bentuk isian data dan berkas yang diperlukan.

Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru
Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru

Penyusunan rencana kerja dan anggaran akan berkulitas manakala di dasarkan pada analisis hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Kegiatan ini bertujuan agar madrasah dapat mengalokasikan secara tepat sumberdana seperti BOS untuk kegiatan yang mendorong pencapaian SNP.

Penerapan e-RKAM juga akan memungkinkan pemberian bantuan pada proses pemantauan di lapangan di semua jenjang, kabupaten, provinsi,dan pusat.

Agar Madrasah dapat mengenal dan terampil melakanakan EDM dan menyusun RKAM dengan aplikasi e-RKAM maka bisa belajar menggunakan aplikasi EDM – e-RKAM excel.

Tujuan Program Penerapan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM) adalah agar Madrasah mampu mengalokasikan secara tepat sumberdana seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau sumber dana lainnya untuk kegiatan yang mendorong pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Tujuan Program Penerapan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM) adalah agar Madrasah mampu mengalokasikan secara tepat sumberdana seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau sumber dana lainnya untuk kegiatan yang mendorong pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Sekian penjelasan tentang Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru yang bisa di DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Penilaian Evaluasi Kinerja pada Aplikasi e-Kinerja BKN

Penilaian Evaluasi Kinerja pada Aplikasi e-Kinerja BKN Penilaian Evaluasi Kinerja pada Aplikasi e-Kinerja BKN Nomor : B-3192/SJ/B.III/KP.02....