Jumat, 05 November 2021

Info dan Tanya Jawab Seputar Bimtek Tindak Lanjut (BTL) AKMI Guru MI

Info dan Tanya Jawab Seputar Bimtek Tindak Lanjut (BTL) AKMI Guru MI

Berikut ini adalah kumpulan beberapa pertanyaan dan jawaban dari peserta BTL AKMI Guru MI dengan Admin Telegram Pusat yang bernama "Yuna Kadarisman".

Dengan addanya Info dan Tanya Jawab Seputar Bimtek Tindak Lanjut (BTL) AKMI Guru Miini semoga akan memebrikan penecerahan bagi bapak ibu, silahkan simak berikut ini yang terdiri 14 Pertanyaan:

01. Pertanyaan; "Kapan undangan Bimtek dikirimkan?" Jawab; Kami sedang menambahkan nama Bapak dan Ibu ke dalam  link 

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1Ep_sDlcJZ5MiAUPVLCzPLJP6RqszOA8bxhxzqeakazM/edit?usp=sharing Kami akan segera mengirimkan undangan untuk mengikuti Bimtek daring.

02. Pertanyaan; "Dimana tempat cek Moda?" Jawab: Bimtek dilaksanakan dalam 2 moda, daring dan blended, Silahkan memeriksa spreadsheetnya untuk memastikan madrasah Bapak mendapatkan yg daring atau blended. untuk yg blended, sementara ini dilakukan di provinsi masing2, kecuali ada hal yg memaksa untuk dipindahkan ke pusat.

03. Pertanyaan; "Dimana lokasi Bimtek?" Jawab; Lokasi akan segera diumumkan kemudian, untuk saat ini, pastikan sudah terdaftar dulu.

04. Pertanyaan; "Mohon penjelasan terkait Moda Pelaksanaan Bimtek" Jawab; semua bimtek sama, dimulai di hari senin dengan pembukaan dan pada hari kamis-minggu akan ada jadwal khusus, lalu kerja mandiri dari senin-minggu lagi Hari ke 1-3 - kerja mandiri di LMS Hari ke 4-7 - kelas terbimbing (bisa daring atau luring) Hari ke 8-14 - kerja mandiri terbimbing (daring) Total 14 hari Bimtek

05. Pertanyaan; Bolehkah hanya mengirim 1 orang guru?" Jawab; setiap madrasah terdaftar mengirimkan 2 perwakilan Setelah mendaftar, kami akan mengupdate daftarnya. Jika belum muncul, mohon ditunggu.

06. Pertanyaan; "Mohon kirimkan jadwal Bimtek!" Jawab; Jadwal lengkap akan disampaikan kemudian. Moda daring akan dimulai tgl 8 November

07. Pertanyaan; "Bisakah Guru yang telah didaftarkan diganti?" Jawab; Jika ada yg mau diganti, padahal sudah ada namanya, Rekan yg menggantikan diminta mengisi data juga,  lalu bapak japri Admin Group telegram mengenai nama yg digantikan dan penggantinya. Silahkan diperiksa di spreadsheet untuk perubahannya.

08.  Pertanyaan; "Bolehkan Operator/Proktor yang ikut BTL AKMI ini?" Jawab; Peserta Bimtek adalah guru. Bimtek ini untuk membantu guru mengimplementasikan hasil AKMI ke dalam pembelajaran di kelas. Jadi, jika operator tersebut bukan guru, mohon untuk tidak didaftarkan. Akan salah sasaran

09. Pertanyaan; "Kenapa Spreadsheet tidak bisa di edit?" Spreadsheet memang hanya akses lihat agar Bapak dan Ibu bisa melihat perkembangan status pendaftar secara berkala.

10. Pertanyaan; "Apakah bimtek ini bayar? dan semua biaya ditanggung siapa? Lantas kenapa Tindak Lanjut keburu diadakan padahal pelaksanaan AKMInya saja belum dimulai?" Jawab: Bimtek ini gratis dan tidak berbayar. Semua biaya yg ditimbulkan akibat perjalanan menuju lokasi bimtek (jika blended) akan diganti.  Kami ingin mempersiapkan guru untuk menselaraskan antara AKMI dan proses belajar di kelas. Jika siswa melakukan AKMI lalu mendapatkan rekomendasi hasil, lalu bagaimana? Nah, disinilah fungsi bimtek ini, untuk memastikan Bapak dan Ibu guru siap dengan rencana belajar yg fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis (HOTS). Oleh karena itu, bimtek AKMI tidak bisa diberikan jauh setelah pelaksanaan AKMI, harus sekitar waktu pelaksanaannya agar bisa langsung mensikapi hasil AKMI.

11. Pertanyaan; "Bagaimana jika pada saat pelaksaan BTL ada Guru yang berhalangan?" Jawab; Pelaksanaan Bimtek berjalan secar bertahap dan bergelombang. Sama seperti AKMI, Jika berhalangan karena sebagai proktor AKMI, misalnya, namun nama sudah muncul di undangan, mohon disampaikan, nanti kami pindahkan jadwal bimteknya.

12. Pertanyaan; "Apa saja yang perlu dipersiapkan oleh peserta ketika BIMTEK?" Jawab; Ketika pelaksanaan bimtek, Bapak dan Ibu hanya cukup mempersiapkan 1. Laptop 2. Jaringan internet 3. Kesehatan Kami akan siapkan sisanya.

13. Pertanyaan; "Kapan bimtek akan dimulai?" Jawab; Bimtek daring pertama akan dimulai hari Senin. Insya Allah detail undangan akan kami share disini juga (Group telegram  BTL AKMI Guru MI 2021). Mohon ditunggu.

14. Pertanyaan; "Saya sudah lama daftar, tapi kenapa sampai sekarang belum muncul di spreadsheet?" Jawab; Kami memasukkan data Bapak dan Ibu berdasarkan NSM yg diketikkan. Kami menemukan banyak sekali NSM yg tidak sesuai sehingga tidak kami proses. Setelah mengisi, silahkan Bapak dan Ibu memeriksa emailnya. Harus ada salinan dari form yg sudah diisi disana. Kalau tidak ada? Berarti ngisinya salah, ulangi lagi. Kalau ada, Silahkan copy paste NSMnya dan masukkan ke google. Jika terdaftar di EMIS berarti benar, jika tidak Ulangi lagi dengan menggunakan NSM yg sesuai. Untuk sementara sampai disini dulu (update 02-11-2021). Insya Allaah besok akan kami update kembali pertanyaan dan jawaban lainnya. Oleh karena itu silakan buka halaman ini kembali nanti. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Kumpulan  Info dan Tanya Jawab Seputar Bimtek Tindak Lanjut (BTL) AKMI Guru MI", semoga bermanfa'at.

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Rehabilitasi Asrama Pontren Tahap 2

Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Rehabilitasi Asrama Pontren Tahap 2 

 Dengan hormat kami mengundang Bapak/Ibu untuk mengikuti Bimbingan Teknis Bantuan Rehabilitasi Asrama Pontren pada:

Hari/Tanggal : Selasa sd Kamis / 02 sd 04 November 2021
Chek In : Selasa, 02 November 2021, Pukul 13.00 WIB sd selesai
Tempat : Hotel Luminor Pecenongan, Jl. Pecenongan No.35 Jakarta Pusat
Telp. 021 344 7777 / 021 345 0044
Peserta : 1 orang Ketua UPK2B/Pimpinan Pesantren dan/atau yang diberikan Surat Kuasa oleh Pimpinan Pesantren.

Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Rehabilitasi Asrama Pontren Tahap 2
Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Rehabilitasi Asrama Pontren Tahap 2

Keterangan :

  • Peserta membawa laptop, kop surat dan stempel resmi Pesantren
  • Biaya akomodasi dan transportasi peserta ditanggung Panitia.
  • Peserta dalam keadaan bebas COVID-19 yang dibuktikan dengan hasil Swab Antigen dan/atau PCR.
  • Kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Adapun kelengkapan administrasi Bimbingan Teknis berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3791 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Rehabilitasi Asrama Pontren Tahun Anggaran 2021 yang harus dibawa oleh peserta adalah sebagai berikut:

  • File PDF Proposal Bantuan, sekurang-kuranganya memuat:
  1. Surat Permohonan Bantuan;
  2. Surat Rekomendari Kantor Wilayah Kementerian Agama dan/atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota;
  3. Profil Pesantren;
  4. Salinan Surat Keputusan Unit Pengelola Keuangan dan Kegiatan Bantuan (UPK2B);
  5. Piagam Statistik Pesantren;
  6. Rencana Anggaran Biaya (RAB).
  • File PDF Surat Pernyataan Kesediaan Menerima Bantuan;
  • File PDF Surat Pernyataan Tanggungjwab Belanja (SPTJB);
  • File PDF NPWP atas nama Pesantren dan/atau Yayasan;
  • Surat Tugas sebagai Peserta Kegiatan dari Pesantren dan/atau Yayasan; dan
  • Materai 10.000 sebanyak 10 Lembar.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi saudara Wahyu/081331279091 dan Muslim/087771276242

Untuk file lengkap Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Rehabilitasi Asrama Pontren Tahap 2 bisa download dibawah ini: KLIK DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana pada Lembaga Pendidikan Al Quran

Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana pada Lembaga Pendidikan Al Quran 

 Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana pada Lembaga Pendidikan Al Quran yang akan diselenggarakan pada :
Hari/tanggal : Kamis s.d. Sabtu, 4 – 6 November 2021
Registrasi : 13.00 s.d 14.30 WIB
Pembukaan : 15.00 s.d Selesai
Jadwal : Terlampir
Tempat : Karlita Hotel Tegal
Jl. Brigjen Katamso No 31 Tegal Sari
Kec. Tegal Barat Kota Tegal Jawa Tengah

Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana pada Lembaga Pendidikan Al Quran
Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana pada Lembaga Pendidikan Al Quran

Sehubungan dengan hal tersebut, kami meminta Saudara untuk menugaskan Pimpinan/Kepala LPQ, seperti terlampir sebagai Peserta dalam kegiatan tersebut di atas, dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Peserta adalah Kepala Lembaga Pendidikan Al Quran (daftar terlampir)
  1. Peserta membawa :Proposal yang terdiri dari : Surat Permohonan Bantuan, Profil Lembaga, RAB, Rekomendasi Kanwil/Kankemenag Kab/Kota, Piagam ijin operasional/statistik LPQ dan Berkas kelembagaan lainnya.
  2. Salinan KTP dan NPWP Lembaga
  3. Struktur Organisasi
  4. Kop Lembaga (15 Lembar)
  5. Stempel Lembaga
  6. Surat kuasa jika diwakilkan (selaku penanda tangan berkas)
  7. Materai 10.000 (10 lembar).
  • Peserta Wajib menggunakan transportasi darat dan akan dibayarkan sesuai ketentuan Standar Biaya Masuk tahun anggaran 2021.
  • Seluruh peserta menyerahkan salinan rekening bank pribadi, Surat Tugas, NPWP kepada panitia (Administrasi Kegiatan);
  • Apabila di kemudian hari ditemukan bukti administrasi yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku akan menjadi tanggung jawab peserta untuk mengembalikan;
  • Panitia tidak bertanggung jawab terhadap peserta di luar kuota yang ditentukan;
  • Kegiatan ini sesuai dengan standar Prokes untuk mencegah penularan Covid-19.
  • Untuk konfirmasi lebih lanjut dapat menghubungi Staf Dit. Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Telepon. 08119842202

Untuk file lengkap Undangan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana pada Lembaga Pendidikan Al Quran download dibawah ini

DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Rabu, 03 November 2021

Pemetaan Moderasi Beragama Pada Madrasah Beberapa Provinsi

Pemetaan Moderasi Beragama Pada Madrasah Beberapa Provinsi 

 Dalam rangka meningkatkan pemahaman moderasi beragama bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah di lingkungan Kementerian Agama.

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, memohon kepada Saudara untuk menyampaikan link
berikut https://bit.ly/pemetaan-guru-madrasah-2021 kepada satuan kerja di wilayah masing-masing sebagaimana pada lampiran surat berikut.

Pemetaan Moderasi Beragama Pada Madrasah Beberapa Provinsi

Pengisian link dimulai tanggal 26 Oktober-3 November 2021.

Daftar Provinsi Pemetaan Moderasi Beragama Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah

  1. Banten
  2. Jawa Barat
  3. Riau
  4. Kalimantan Selatan
  5. Sumatera Barat
  6. Nusa Tenggara Barat
  7. Sulawesi Tengah
  8. Sulawesi Selatan

Untuk file lengkap Pemetaan Moderasi Beragama Pada Madrasah Beberapa Provinsi bisa download melalui tombol dibawah ini. 

Klik DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Pembatalan Pelaksanaan Asesmen Guru dan Tenaga Kependidikan pada jenjang RA Tahun 2021

Pembatalan Pelaksanaan Asesmen Guru dan Tenaga Kependidikan pada jenjang RA Tahun 2021

 Menindaklanjuti surat dari ketua PMU REP-MEQR kepada koordinator Komponen 3 PMU REP-MEQR Nomor: 1366/PMU.MEQR/AC/XI/2021 tentang Permintaan Pembatalan Sasaran Guru dan Tendik pada jenjang RA dalam pelaksanaan AKGTK Tahun Anggaran 2021.

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah membatalkan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) tahun 2021 bagi Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah se Indonesia pada jenjang RA.

Pembatalan Pelaksanaan Asesmen Guru dan Tenaga Kependidikan pada jenjang RA Tahun 2021

Selanjutnya, kami mohon Saudara untuk menyampaikan informasi ini kepada semua guru dan tenaga kependidikan pada jenjang RA di wilayah binaan masing-masing agar dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Untuk file lengkap Pembatalan Pelaksanaan Asesmen Guru dan Tenaga Kependidikan pada jenjang RA Tahun 2021 bisa download DISINI.

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Selasa, 02 November 2021

Sim KKGTK Jadi Salah Satu Dari 4 Kekuatan Besar Madrasah

Sim KKGTK Jadi Salah Satu Dari 4 Kekuatan Besar Madrasah 

Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) menggelar Workshop Evaluasi Bantuan Kelompok Kerja (Block Grant).

Kegiatan ini digelar dalam rangka mengevaluasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan (KKGTK).

Demikian disampaikan oleh koordinator komponen 3 sekaligus Kepala Subdirektorat Bina GTK MI/MTs, Ainur Rofiq saat menyampaikan pengarahan.

Sim KKGTK Jadi Salah Satu Dari 4 Kekuatan Besar Madrasah
Sim KKGTK Jadi Salah Satu Dari 4 Kekuatan Besar Madrasah

Beliau mengatakan alasan SIM KKGTK menjadi sangat penting digunakan salah satunya untuk mengetahui data valid jumlah pokja diseluruh Indonesia dan dalam hal penyaluran yang dengan menggunakan sistem akan lebih mudah.

“Oleh karena itu saya kira sistem informasi manajemen KKGTK harus terus kita pertahankan dan kita tingkatkan kualitasnya, kalaupun ada kekurangan segera diinformasikan dan kita perbaiki bersama-sama,”.

Rofiq menerangkan, ada empat kekuatan besar madrasah Yaitu:

  1. Pertama adalah Simpatika.
  2. Kedua jurnal madaris yang sudah terintegrasi dengan simpatika.
  3. Ketiga GTK Madrasah Berbagi.
  4. Keempat yaitu Sistem Informasi Manajemen PKB mulai dari KKGTK, Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) dan Sistem Informasi Manajemen Seleksi (SIM Seleksi).

Rofiq berpesan, sesuatu yang bersifat substantif jangan sekali-sekali dikalahkan oleh hal-hal yang bersifat administratif.

“Jangan sampai gara-gara regulasinya tidak ada, gara-gara administrasinya kepentok dengan regulasi maka kita tidak bergerak sama sekali,”.

Konsultan Komponen 3, Makinuddin Samin dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini mengundang kurang lebih 100 orang. 40 orang lebih dari admin simpatika dan sekitar 50 orang admin KKGTK level provinisi.

Menurut Makin, kegiatan ini digelar untuk menghimpun kritik dan masukan supaya pada Tahun 2022 penyelenggaraan penyaluran dan aktivitas pada kelompok kerja dalam pelatihan PKB bisa lebih lancar.

“Oleh karena itu pada kegiatan kita kali ini kita ingin melakukan evaluasi pada tiga domain yang pertama pertama kinerja admin KKG TK yang kedua juknis dan terkait kinerja aplikasi,”.

Makin berharap kepada para peserta workshop untuk memberikan masukan dan kritik agar kita bisa merevisi juknis, memperbaiki kinerja admin dan juga memperbaiki aplikasi.

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Sabtu, 30 Oktober 2021

Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan Periode 3 Tahun 2021

Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan Periode 3 Tahun 2021 

 Sehubungan dengan telah dilaksanakan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) tahun 2021 dan berdasarkan hasil rapat bersama Panitia Nasional UKMPPG pada tanggal 21 Oktober 2021.

Dengan hormat kami sampaikan daftar rekapitulasi hasil UKMPPG Periode 3 Tahun 2021 sebagaimana terlampir.

Adapun keterangan selengkapnya dapat dilihat pada laman http://ukm.ppg.kemdikbud.go.id/ melalui akun perguruan tinggi maupun masing-masing mahasiswa.

Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan Periode 3 Tahun 2021
Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan Periode 3 Tahun 2021

Bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus dapat diberikan sertifikat pendidik, sedangkan bagi yang belum dinyatakan lulus dapat mengikuti ujian pada periode berikutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk file lengkap Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan Periode 3 Tahun 2021 bisa di download di tombol dibawah ini: DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau



Silaturahmi Daerah – 1Kader Penggerak NU Se-Lampung Barat

Silaturahmi Daerah – 1Kader Penggerak NU Se-Lampung Barat Minggu 27 Oktober 2024 yayasanarraihanbelalau.blogspot.com - Kader Pen...