Selasa, 23 November 2021

Panduan Monitoring Data Sarpras Emis

Panduan Monitoring Data Sarpras Emis

Untuk yang mengalami eror merah pada pengisian data sarpras pada Emis 4.0 tentunya ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan di pahami sehingga dalam setiap permasalahan dapat teratasi dengan benar.

permasalahan eror sarpras pada emis 4.0 ini tentu akan mebuat pusing apa opertor data madrsah, karena data dianggap tidak valid, nah untuk mengatasi hal tersebut berikut panduan Monitoring Data Sarpras pada emis 4.0


Jika menemukan pada Monitoring Sarpras Luas Gedung masih Merah,Pastikan Total luas Gedung harus sama dengan Total luas Penggunaan Lahan – Bangunan 

Periksa pada menu Sarana Prasarana – Aset Tetap – Gedung :

- Klik Aksi Kemudian klik Ubah, akan tampil Form isian Gedung

- Perhatikan kolom Panjang dan Lebar Gedung menjadi patokan  total luas Gedung

Setelah memeriksa pada menu Gedung dan telah mengetahui Total Luas Gedung, kemudian periksa pada menu Sarana Prasarana – Aset Tetap – Lahan :

- Klik Detail lahan, Kemudian periksa pada Kolom Penggunaan lahan

- Pastikan kolom isian Penggunaan Lahan terisi dan sesuai dengan kondisi  yang sesungguhnya

- Total Penggunaan Lahan harus sama dengan Total Luas Gedung yang diisikan pada menu



 CATATAN :

  • Edit atau perbaikan luas Gedung tidak memerlukan persetujuan dan batal kon­rmasi kelembagaan
  • Edit atau perbaikan menu Lahan hanya dapat dilakukan oleh Lembaga yang belum melakukan Konfirmasi Kelembagaan.
Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Untuk file lengkapnya silahkan DOWNLOAD DISINI

Jumat, 19 November 2021

Penyelenggaraan Ujian-ujian pada Madrasah 2021



 Berdsarakan Surat edaran KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM  No B-4181/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/11/2021 tentang  Penyelenggaraan Ujian-ujian pada Madrasah 2021 Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran di Madrasah, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan penilaian hasil belajar di madrasah, serta memastikan semua implementasi pembelajaran dan penilaian hasil belajar dapat berlansung dengan tetap menjaga nilai akuntabilitas dan kepatuhan pada ketentuan hukum yang berlaku, maka perlu disampaikan beberapa ketentuan sebagai berikut; 

  1. Pelaksanaan Penilaian hasil belajar di madrasah meliputi Penilaian Harian (PH), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan Ujian Madrasah (UM) menjadi kewenangan dan tanggung jawab masing-masing satuan pendidikan madrasah. 
  2. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta didik dalam mencapai standar kompetensi lulusan (SKL) sesuai dengan kurikulum yang berlaku. 
  3. Kewenangan dan Tanggung jawab Madrasah dalam pelaksanaan Penilaian hasil belajar di madrasah dilakukan oleh Guru mata pelajaran dan Kepala Madrasah. Terkait hal tersebut, maka forum MGMP, KKG, KKM, sesuai tugas dan fungsinya hanya menjadi forum sharing pengetahuan meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan Penilaian Hasil Belajar. 
  4. Kemenag Kabupaten/Kota, Kanwil Kemenag Provinsi, dan forum MGMP, KKG, KKM pada berbagai tingkatan dilarang mengkoordinir penyusunan dan pengandaan soal ujian-ujian pada madrasah. 
  5. Penyelenggaraan penilaian hasil belajar di madrasah agar dapat berjalan secara efektif dan efisien, diharapkan dilaksanakan berbasis komputer (CBT) dengan memanfaatkan secara optimal aplikasi ujian berbasis komputer yang telah disediakan secara gratis oleh Kementerian Agama RI, misalnya CBT yang tersedia pada aplikasi e-Learning Madrasah. 
Demikian lah info mengenai tentang Penyelenggaraan Ujian-ujian pada Madrasah 2021 terimakasih

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Kamis, 18 November 2021

Kemenag Cairkan Rp66 M Insentif untuk 44.000 Guru PAI Non PNS

Kemenag Cairkan Rp66 M Insentif untuk 44.000 Guru PAI Non PNS

 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) mulai mencairkan bantuan insentif bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Non Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Total anggaran insentif ini sebesar Rp66 miliar bagi 44.000 guru PAI non PNS seluruh Indonesia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan bantuan insentif merupakan tambahan penghasilan yang diberikan kepada guru PAI non PNS pada sekolah yang belum tersertifikasi dan belum mendapatkan tunjangan profesi guru.

Kemenag Cairkan Rp66 M Insentif untuk 44.000 Guru PAI Non PNS
Kemenag Cairkan Rp66 M Insentif untuk 44.000 Guru PAI Non PNS

Bantuan insentif bagi guru PAI non PNS, merupakan afirmasi Kemenag bagi kesejahteraan guru PAI di sekolah.

Menag berharap, bantuan insentif ini akan memotivasi guru PAI non PNS untuk bekerja lebih baik dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menambahkan, anggaran Rp66 miliar diperuntukkan bagi 44.000 guru PAI non PNS pada Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta Sekolah luar Biasa (SLB) di semua tingkatan.

Masing-masing akan mendapatkan Rp1,5 juta dipotong pajak. Insentif ini akan dikirim langsung ke rekening masing-masing.

“Tidak dibenarkan adanya pengurangan, pemotongan, atau pungutan dengan alasan apa pun, dalam bentuk apa pun, dan oleh pihak mana pun, kecuali pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan/atau biaya transfer antarbank.

Insentif tahun anggaran 2021 diberikan kepada Guru PAI non PNS yang memenuhi syarat sebagai penerima dengan ditetapkan melalui aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) berdasarkan urutan prioritas.

Berikut kriteria penerima insentif guru PAI Non PNS:

  1. Guru PAI bukan PNS yang masih aktif mengajar di TK, SD/LB, SMP/LB, SMA/LB atau SMK,
  2. Terdata dalam SIAGA per-Maret 2021,
  3. Bukan penerima Tunjangan Profesi Guru,
  4. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK),
  5. Belum Memasuki Usia Pensiun.
  6. Lama pengabdian sebagai pendidik, dibuktikan dengan surat keterangan terhitung mulai tanggal mengajar.

“Guru yang telah lama mengabdi, menjadi salah satu prioritas,”

“Guru yang memiliki kualifikasi pendidikan juga menjadi pertimbangan untuk menjadi skala prioritas,”

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Rabu, 17 November 2021

Daftar Nama Nominator Anugerah GTK Berptrestasi tahun 2021

Daftar Nama Nominator Anugerah GTK Berptrestasi tahun 2021

 Dirjen GTK Muhammad Zain mengumumkan hasil seleksi tahap 2 dengan lampiran Nama-nama yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti Grand Final.

Seorang guru memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dipundaknya terpikul tanggung jawab utama keefektifan seluruh usaha kependidikan dalam rangka membentuk manusia yang terampil dan berbudi luhur.

Banyak Negara maju, namun keberadaannya tetap tidak dapat sepenuhnya menggantikan kedudukan guru.

Daftar Nama Nominator Anugerah GTK Berptrestasi Tahap-2 tahun 2021
Daftar Nama Nominator Anugerah GTK Berptrestasi Tahap-2 tahun 2021

Guru sebagai subjek yang paling berperan dalam proses pembentukan kepribadian seseorang.

Selain itu, Kegiatan Anugerah GTK Berprestasi tahun 2021 ini bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan madrasah.

Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada guru dan kepala madrasah dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan juga meningkatkan daya saing madrasah di tingkat regional, nasional dan internasional.

Grand Final Anugerah GTK Berprestasi tahun 2021 akan dilaksanakan pada Selasa s/d Jum’at tanggal 23-26 November 2021 bertempat di Holiday Inn Jakarta Kemayoran.

Daftar Nama Nominator Anugerah GTK Berptrestasi tahun 2021

A. Kategori Guru RA

  • Winar Suci Rahayu, S.Pd.I (RA Nyatnyono I Ungaran Barat, Kab. Semarang)
  • Nadijah, S. Pd. I (RA Miftahul Jannah Jakarta Selatan)
  • Anggraini Tri Wulandari,Mpd (BA Aisyiyah Kunden Sukoharjo)
  • Dian Permata Sari, S.Pd (RA Ar Rahmah Bukittinggi)
  • Husna Abdiyah S.Ag (RA Al-Ashriyah Kota Langsa)

B. Kategori Guru MI

  • Dra. Noor Biatun,M.S.I (MIN 2 Bantul D.I. Yogyakarta)
  • Syukriani, S.Pd.I (MIN 9 Kota Banda Aceh Aceh)
  • Farida Hanum M.Pd (MIS. Asasul Huda Randegan Tanggulangin Jawa Timur)
  • Yeniga Helmi, M.Pd (MIN Kota Bukittinggi SUMBAR)
  • Laeli Nur Isnaini, M.Pd.I (MI Al Fatah Parakncanggah Jawa Tengah)

C. Kategori Guru MTs

  • Dewi Nur Halimah, S.Si (MTs Khozinatul Ulum Blora Jawa Tengah)
  • Abas Shofwan, S.Pd., M.Pd.I. (MTsN 6 Kediri Jawa Timur)
  • Asfiansyah, S.Pd.I MTsS. (Darul Ulum Kotabaru Kalimantan Selatan)
  • Azizah Rahmy, M.Pd (MTsN 1 Tanah Datar Sumatera Barat)
  • Listika Burais, S.Pd. M.Pd. (MTsS Lhong Raya Banda Aceh – Aceh)

D. Kategori Guru MA

  • Lisnur Azizah, S.Pd (MAN 4 Jakarta DKI Jakarta)
  • ANISAURROHMAH, S.Pd., ME (MAN Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan)
  • Ifa Hidayah, M.Si (MAN 3 Kediri Jawa Timur )
  • Candra Sihotang, S.Pd., M.Pd. (MAN 1 Subulussalam Aceh)
  • Jasmi Roza, M.Pd. (MAN Batam Kepulauan Riau)

E. Kategori Kepala RA

  • Uswatun Chasanah,S.Pd.AUD (RA Ar Rohmah Mojokerto Jawa Timur)
  • Dede Rini, S.Pd.I (RA Al Kamilah Kab. Garut Jawa Barat )
  • Nurchasanah, S.Pd.I, M.Pd (RA Maryam Planjan Cilacap Jawa Tengah)
  • Bayu Trikrisnawati, S.Pd. (RA IPHI Samigaluh Kulon Progo D.I.Yogyakarta)
  • Neneng Mulyanah S.Pd (RA Baitul Muslimin Jakarta Timur DKI Jakarta)

F. Kategori Kepala MI

  • Dr. Harun Arrosyid, M.Pd.I (MIS Hasanuddin II Mojokerto Jawa Timur)
  • Hilmiyati, S.Ag., MA (MIN 6 Kota Banda Aceh – Aceh)
  • Ahmad Fahimi, S.Pd, (MIS Darus Sholeh Rembang Jawa Tengah)
  • Nina Agustien, S.Pd (MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang Jawa Tengah)
  • Masna Intan, S.Pd.I., M.Pd. (MIN 3 Sinjai Sulawesi Selatan)

G. Kategori Kepala MTs

  • Sri Rahayu, S.Pd. (MTs Muhammadiyah Sentolo Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta)
  • H. Subekan, S.Ag, MH (MTs Al Irsyad Demak Jawa Tengah)
  • Isnawita Mokodompit, M.Pd (MTsS Darul Mubin Kota Gorontalo)
  • Dra. Hj. N. Cici Mahruliana, M.Si. (MTs Negeri 3 Medan Sumatera Utara)
  • H. Anton Zaeni Noor, S.Ag, M.Si (MTs Andalusia Banjarnegara Jawa Tengah)

H. Kategori Kepala MA

  • Agus Tiono, S.Pd. MH (MAN 2 Mojokerto Kabupaten Mojokerto Jawa Timur)
  • Zakariya, MA (MA Pembangunan UIN Jakarta Jakarta Selatan DKI Jakarta)
  • Drs., H. Abdul Hafid H., M.A. (MAN Pangkajene Kepulauan Sulawesi Selatan)
  • Sunandar,S.Si (MAS Diniyyah Bungo Jambi)
  • Nursyamsiah, M.Pd. (MAN 1 Mukomuko Bengkulu)

I. Kategori Pustakawan

  • Edta Fatchur Rochmah,S.Sos (MAN Kota Mojokerto Jawa Timur)
  • Agustina (MTs Subulussalam Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan)
  • Fitri Sarifah Roja,S.Pd (MAN Ende Nusa Tenggara Timur)
  • Zulfa Azizati, S.IP (MTsN 4 Banda Aceh Aceh)
  • Dharma Harfin,S.Pd (MTs. Al-Falah Arungkeke Jeneponto Sulawesi Selatan)

J. Kategori Laboran

  • M Faiq Rofiqi, S.Si MTs NU Trate Gresik Jawa Timur
  • Sri Purwati MAN 2 Yogyakarta DI Yogyakarta
  • Ramliah, S.Pd. MAN 1 Sinjai Sulawesi Selatan
  • Suyamto, M.Pd MAN 2 Boyolali Jawa Tengah
  • Nur Hasanah, S.Pd MAN 1 Balangan Kalimantan Selatan
Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

SELAMAT HARI PELAJAR INTERNASIONAL 2021

Assalamualaikum...
Tabik Pun...
Halo Sahabat RA!

Keluarga Besar RA Arraihan Belalau
Mengucapkan: 
SELAMAT HARI PELAJAR INTERNASIONAL 2021

TUNTUTLAH ILMU DARI BUAIAN SAMPAI LIANG LAHAT*

Begitulah kata bijak yang pantas untuk kita dalam mencari ilmu. Setiap kita adalah pelajar karena mencari ilmu tidak memandang usia.

Pasang Twibbonnya KLIK DISINI

Humas (17/11)

============================
Raudhatul Athfal Ar-raihan Belalau
============================

Email : ms_raihan@yahoo.com
Blogger : Yayasan Ar_Raihan Belalau Lampung Barat
Faceebook : Raudhatul Athfal Arraihan Belalau
Instagram: @Raudhatul Athfal Arraihan Belalau
Channel Youtube: Yayasan Ar Raihan Belalau Lampung Barat


Selasa, 16 November 2021

Link Survey Kebutuhan Layanan M-Banking Penerima Dana BOS Madrasah

Link Survey Kebutuhan Layanan M-Banking Penerima Dana BOS Madrasah

 Bantuan Operasional Madrasah yang disebut dengan BOS Madrasah merupakan program bantuan dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang diberikan kepada Madrasah setiap satu semester.

Pemberian Bantuan Operasional Madrasah diberikan dalam bentuk uang tunai yang disalurkan melalui bank penyalur yang sudah ditetapkan dan mulai tahun 2021 BOS Madrasah sepenuhnya dikelolah oleh pusat.

Pemberian BOS Madrasah melalui mekanisme pengajuan menggunakan website dengan link : https://bos.kemenag.go.id/ yang dimana Maadrasah harus melengkapi berkas yang sudah disediakan.

Link Survey Kebutuhan Layanan M-Banking Penerima Dana BOS Madrasah
Link Survey Kebutuhan Layanan M-Banking Penerima Dana BOS Madrasah

Selain melengkapi ajuan melalui portal BOS bagi Madrasah yang sudah mengikuti BIMTEK dan sudah menggunakan EDM/E-RKAM online wajib menyelesaikan hal tersebut sebagai syarat menerimaan dana BOS Madrasah.

Pengisian Link Survey Kebutuhan Layanan M-Banking Penerima Dana BOS Madrasah menjadi dasar Kementeriuan Agama Republik Indonesia sebagai bahan yang akan digunakan melakukan negosiasi dengan BANK dalam rangka rencana penggunaan elektronik banking.

Pengisian survey ini bersifat penting untuk seluruh Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama untuk mengetahui sebera[pa besar kebutuhan Madrasah dalam penggunaan M-Banking untuk pengolaan dana BOS Madrasah.

Sebutkan status Madrasah Anda *

  • Negeri
  • Swasta

Madrasah Anda Penerima Dana BOS? *

  • Ya
  • Tidak

Sebutkan Asal wilayah Madrasah Anda mulai dari Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi *

Nama Bank Penyalur Dana BOS Madrasah Anda *

  • BRI
  • BNI
  • BSI

Berapa jarak dari madrasah ke cabang Bank Penyalur terdekat *

  • < 5 KM
  • 5-10 KM
  • >10 KM

Jika disediakan layanan M-banking/ Internet Banking, apakah madrasah anda akan menggunakannya? *

  • Ya
  • Tidak

Jika disediakan layanan M-Banking/Internet Banking, akan digunakan untuk melakukan transaksi apa? (boleh pilih jawaban lebih dari 1) *

  • Payroll Gaji Karyawan
  • Membayar tagihan operasional Madrasah (Listrik, Air)
  • Mentransfer pembayaran vendor penyedia jasa/barang
  • Lainnya (sebutkan)….
  • Yang lain:

Adapun untuk mendapatkan Link Survey Kebutuhan Layanan M-Banking Penerima Dana BOS Madrasah silahkan klik DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Materi Pembahasan BOP dan BOS Madrasah Tahun 2022


Materi Pembahasan BOP dan BOS Madrasah Tahun 2022

 Kementerian Agama melakukan reorientasi program Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Raudlatul Athfal (RA) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah yang tidak hanya memfokuskan pada tujuan aksesibilitas, melainkan juga memfokuskan pada peningkatan mutu pembelajaran di madrasah.

Dalam konteks ini, BOP RA dan BOS Madrasah diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen dan efektivitas penggunaan dana BOP dan BOS, maka disusun Petunjuk Teknis Pengelolaan BOP dan BOS Madrasah ini.

Materi Pembahasan BOP dan BOS Madrasah Tahun 2022
Materi Pembahasan BOP dan BOS Madrasah Tahun 2022

PRINSIP PENGELOLAAN DANA BOS

  • Fleksibilitas yaitu penggunaan Dana BOS dikelola sesuai dengan kebutuhan sekolah
  • Efektivitas yaitu penggunaan Dana BOS diupayakan dapat memberikan hasil, pengaruh, dan daya guna untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah
  • Efisiensi yaitu penggunaan Dana BOS diupayakan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dengan biaya seminimal mungkin dengan hasil yang optimal
  • Akuntabilitas yaitu penggunaan Dana BOS dapat dipertanggung-jawabkan secara keseluruhan berdasarkan pertimbangan yang logis sesuai peraturan perundang-undangan.
  • Transparansi yaitu penggunaan Dana BOS dikelola secara terbuka dan mengakomodir aspirasi pemangku kepentingan sesuai dengan kebutuhan sekolah.
  • Setiap tahun Kemenag memberikan investasi berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada madrasah negeri dan swasta sekitar 9-10Trilyun / Tahun, sehingga kualitas belanja BOS juga perlu terus dievaluasi terus ditingkatkan
  • Jika tidak ada sistem perencanaan yang baik, maka seberapun investasi Pemerintah, maka hal ini tidak akan menghasilkan dampak mutu pembelajaran yang signifikan
  • Salah satu strategi kebijakan yang sudah dilakukan Kemenag adalah Penerapan sistem e-RKAM secara bertahap mulai Tahun 2021, strategi ini harus terus diperluas jangkauannya dan harus dipastikan terimplementasi di seluruh Madrasah se Indonesia

TANTANGAN ALOKASI BOS DALAM PERGESERAN PEMBELAJARAN DI ERA PENDIDIKAN 4.0

Global Citizenship Skill

Berfokus pada pembangunan kesadaran tentang dunia yang lebih luas, berkelanjutan dan berperan aktif dalam komunitas global.

Innovation and creativity skills

Keterampilan yang memungkinkan inovasi meliputi rasa ingin tahu, kreativitas, berfikir kritis, pemecahan masalah dan analisis system.

Technology skills

Konten yang mengembangkan keterampilan digital, termasuk pemrograman, tanggung jawab digital dan penggunaan teknologi.

Interpersonal skills

Konten yang berfokus pada kecerdasan emosional interpersonal (yaitu empati, kerja sama, negosiasi, kepemimpinan dan kesadaran sosial).

Personalized and self-paced learning

Dari sistem pembelajaran yang baku dan ter-standarisasi, menuju sistem yang berbasis kebutuhan individu yang beragam dan fleksibel yang memungkinkan peserta didik untuk bisa maju dan berkembang secara mandiri dengan kecepatannya sendiri.

Accessible and inclusive learning

Dari sistem di mana pembelajaran terbatas pada yang memiliki akses ke gedung sekolah ke sistem di mana setiap orang memiliki akses pembelajaran dan menjadi inklusif

Problem-based and collaborative learning

Dari sistem yang berbasis proses menuju ke sistem delivery pembelajaran yang berbasis proyek dan problem (Project and Problem Base Learning)

Lifelong and student-driven learning

Dari sistem di mana belajar dan keterampilan akan menurun seiring bertambahnya usia, menuju sistem di mana setiap orang dapat meningkatkan keterampilan dan memperoleh hal baru berdasarkan kebutuhannya.

Untuk file lengkap Materi Pembahasan BOP dan BOS Madrasah Tahun 2022 klik tombol DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau


Silaturahmi Daerah – 1Kader Penggerak NU Se-Lampung Barat

Silaturahmi Daerah – 1Kader Penggerak NU Se-Lampung Barat Minggu 27 Oktober 2024 yayasanarraihanbelalau.blogspot.com - Kader Pen...