Selasa, 14 September 2021

Kumpulan Komponen EDM Online Bukti Fisik Yang Wajib Diapload

Kumpulan Komponen EDM Online Bukti Fisik Yang Wajib Diapload 

A. Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah

A.1 Apakah semua guru hadir di sekolah sesuai kalender pendidikan berdasarkan kurikulum nasional?

Bukti Fisik:

  1. Daftar absensi kehadiran guru: daftar guru diambil dari EMIS sedangkan proporsi kehadiran dientri oleh TPM
  2. Surat keterangan penyebab guru tidak hadir
  3. Bukti dari sekolah bahwa ada siswa yang berhalangan hadir sehingga proses pembelajaran tidak terganggu

Wajib Di Upload:

  • Rekap absensi guru wajib diupload, dokumen lain disimpan di madrasah

A.2 Apakah semua guru mengajar di kelas sesuai jadwal mata pelajaran yang ditetapkan?

Bukti Fisik:

  1. Daftar absensi kelas yang ditandatangani oleh guru dan perwakilan siswa. Daftar ini dilengkapi dengan penjelasan pokok materi yang diberikan. Daftar guru diambil dari data EMIS sedangkan proporsi guru mengajar dientri oleh TPM

Wajib Di Upload:

  • Rekap daftar absensi kelas

A.3 Apakah kepala madrasah melakukan supervisi secara rutin proses pembelajaran terhadap seluruh guru?

Bukti Fisik:

  1. Buku hasil pengawasan kepala madrasah terhadap guru, resume rapat penyampaian hasil pengawasan dan tindak lanjut
  2. Wawancara TPM dengan para guru

Wajib Di Upload:

  • Contoh hasil supervisi kepala madrasah dan resume hasil rapat

A.4 Apakah semua siswa hadir di sekolah mengikuti pelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan?

Bukti Fisik

  1. Buku absensi / kehadiran siswa. Daftar siswa diperoleh dari EMIS
  2. Jurnal harian guru piket
  3. Surat keterangan ijin siswa yang tidak hadir ke sekolah atau di kelas

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar absensi siswa

A.5 Apakah siswa aktif membaca/meminjam buku yang tersedia dalam perpustakaan?

Bukti Fisik

  1. Buku kunjungan perpustakaan
  2. Buku peminjaman buku perpustakaan

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar siswa yang membaca / meminjam buku di perpustakaan

A.6 Apakah Madrasah melaksanakan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan?

Bukti Fisik

  1. Daftar penugasan guru dan tenaga kependidikan dan latar belakang pendidikannya
  2. Daftar beban kerja guru dan tenaga kependidikan
  3. Daftar keaktifan guru
  4. Daftar rekor prestasi guru

Wajib Di Upload:

  • Daftar penugasan guru

A.7 Apakah Madrasah secara rutin melakukan pertemuan dengan guru dan tenaga kependidikan untuk melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah/madrasah dalam rangka pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan?

Bukti Fisik

  1. Daftar hadir rapat guru dan tenaga kependidika
  2. Resume hasil pertemuan rapat dengan guru dan tenaga kependidikan

Wajib Di Upload:

  • Contoh resume hasil pertemuan rapat

adminbawean.com – Kumpulan Komponen EDM Online Bukti Fisik Yang Wajib Diapload

B. Aspek Pengemabangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan

B.1 Apakah kepala madrasah aktif mengikuti pelatihan atau kegiatan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan kapasitas kepala sekolah?

Bukti Fisik

  1. Daftar undangan pelatihan / lokakarya / pertemuan
  2. Sertifikat keikutsertaan

Wajib Di Upload:

  • Beberapa contoh sertifikat pelatihan diuploa

B.2 Apakah Semua aktif mengikuti KKG/MGMP?

Bukti Fisik

  1. Daftar absensi kehadiran guru di KKG / MGMP
  2. Bukti keaktifan guru mengikuti kegiatan pengembangan diri secara online

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti MGMP atau sejenisnya

B.3 Apakah guru aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi?

Bukti Fisik

  1. Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
  2. Bukti keikut sertaan pelatihan dan lokakarya dalam bentuk sertifikat

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan/workshop

B.4 Apakah kepala administratif aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi dan ketrampilan?

Bukti Fisik

  1. Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
  2. Bukti keikut sertaan pelatihan dan lokakarya dalam bentuk sertifikat

Wajib Di Upload:

  • Contoh sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop

B.6 Apakah kepala perpustakaan aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi?


Bukti Fisik

  1. Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
  2. Bukti keikut sertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat

Wajib Di Upload:

  • Contoh sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop

C. Aspek Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran

C.1 Apakah semua guru Guru mengembangkan RPP yang diampunya?

Bukti Fisik

  1. RPP dari setiap guru
  2. Hasil wawancara

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menyusun RPP dan contoh 1 RPP

C.2 Apakah guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran?

Bukti Fisik

  1. RPP dari setiap guru
  2. Hasil wawancara

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menggunakan metode pembelajaran

C.3 Apakah Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa dan mapel?

Bukti Fisik

  1. Hasil wawancara dan hasil kepala madrasah
  2. Hasil wawancara dengan guru
  3. Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai

C.4 Apakah Guru menggunakan penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran?

Bukti Fisik

  1. Bukti pelaksanaan yang dilakukan setiap guru
  2. Hasil wawancara dengan guru
  3. Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran

C.5 Apakah guru melakukan evaluasi dan penilaian setiap siswa?

Bukti Fisik

  1. Daftar nilai ulangan harian
  2. Daftar nilai ulangan mingguan dan semesteran
  3. Daftar catatan guru atas individu siswa
  4. Daftar guru yang memberikan hasil dalam bentuk ulangan, pemantauan dan penugasan ke siswa wajib diupload

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar guru yang melakukan pelayanan dalam bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa

C.6 Apakah guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perencanaan program remedial, pengayakan dan perbaikan proses pembelajaran?

Bukti Fisik

  1. Dokumen perencanaan program perbaikan, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajar dari setiap guru
  2. Hasil wawancara guru

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang membuat perencanaan program perbaikan, pengayaan dan konseling

C.7 Apakah Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayakan secara rutin?

Bukti Fisik

  1. Jadwal kegiatan remedial dan / atau pengayakan
  2. Daftar peserta remedial dan kehadirannya
  3. Daftar peserta pengayakan dan kehadirannya

Wajib Di Upload:

  • Contoh jadwal remedial / pengayaan dan daftar siswa yang mengikuti

D. Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran

D.1 Apakah buku teks dan bacaan, baik tercetak maupun digital, tersedia lengkap di madrasah?

Bukti Fisik

  1. Daftar buku teks dalam bentuk cetakan dan di perpustakaan digital
  2. Daftar buku bacaan dalam bentuk cetakan dan di perpustakaan digital

Wajib Di Upload:

  • Daftar buku teks dan cetakan

D.2 Apakah alat bantu proses pembelajaran tersedia untuk semua guru?

Bukti Fisik

  1. Hasil wawancara dengan guru
  2. Daftar alat bantu yang tersedia di sekolah

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru yang menggunakan alat bantu proses pembelajaran yang sesuai

D.3 Apakah alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) tersedia di madarasah?

Bukti Fisik

  1. Hasil wawancara dengan guru
  2. Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah

Wajib Di Upload:

  • Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah

D.4 Apakah semua guru menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran?

Bukti Fisik

  1. Daftar buku teks / digital yang digunakan guru
  2. Wawancara dengan semua guru
  3. Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

D.5 Apakah semua siswa menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dlm proses pembelajaran?

Buktu Fisik

  1. Daftar buku teks yang dimiliki siswa
  2. Hasil wawancara guru
  3. Hasil wawancara siswa

Wajib Di Upload:

  • Rekapitulasi daftar buku teks dan buku digital yang dimiliki siswa wajib diupload

E. Aspek Perencanaan Pembiayaan

E.1 Apakah madrasah telah menyusun rencana kerja dan anggaran sekolah dalam e-RKAM?

Bukti Fisik

  1. RKAM
  2. Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan RKAM
  3. Wawancara dengan guru
  4. Wawancara dengan komite madrasah

Wajib Di Upload:

  • Optional

E.2 Apakah Madrasah menyediakan dana transport yang cukup bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan?
Bukti Fisik

  1. Laporan penggunaan dana sekolah
  2. Wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan
  3. Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan

E.3 Apakah Madrasah menyediakan dana untuk pembelian bahan pendukung habis pakai yang cukup bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan?

Bukti Fisik

  1. Laporan penggunaan dana sekolah
  2. Wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan
  3. Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung

Wajib Di Upload:

  • Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung

E.4 Apakah Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua siswa dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota?

Bukti Fisik

  1. Laporan keuangan
  2. Bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan kepada Komite madrasah

Wajib Di Upload:

  • Bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kankemenag dan Komite Madrasah
Untuk file Kumpulan Komponen EDM Online Bukti Fisik Yang Wajib Diapload bisa ——— DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru

Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru

Merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pusat guna mempermudah pekerjaan kita sebelum mengerjakan EDM e-RKAM online.

Dalam mengerjakan aplikasi EDM – e-RKAM kita perlu mempunyai konsep agar tidak kesulitan dalam pengerjaan EDM – e-RKAM online.

Untuk itu, Aplikasi EDM e-RKAM Excel versi 2 menjadi solusi dalam mempersiapkan segala bentuk isian data dan berkas yang diperlukan.

Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru
Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru

Penyusunan rencana kerja dan anggaran akan berkulitas manakala di dasarkan pada analisis hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Kegiatan ini bertujuan agar madrasah dapat mengalokasikan secara tepat sumberdana seperti BOS untuk kegiatan yang mendorong pencapaian SNP.

Penerapan e-RKAM juga akan memungkinkan pemberian bantuan pada proses pemantauan di lapangan di semua jenjang, kabupaten, provinsi,dan pusat.

Agar Madrasah dapat mengenal dan terampil melakanakan EDM dan menyusun RKAM dengan aplikasi e-RKAM maka bisa belajar menggunakan aplikasi EDM – e-RKAM excel.

Tujuan Program Penerapan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM) adalah agar Madrasah mampu mengalokasikan secara tepat sumberdana seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau sumber dana lainnya untuk kegiatan yang mendorong pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Tujuan Program Penerapan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM) adalah agar Madrasah mampu mengalokasikan secara tepat sumberdana seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau sumber dana lainnya untuk kegiatan yang mendorong pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Sekian penjelasan tentang Aplikasi EDM e-RKAM Excel Versi 2 Terbaru yang bisa di DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Juknis Pelaksanaan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM Tahun 2021

Juknis Pelaksanaan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM Tahun 2021

 Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education –selanjutnya disebut Realizing Education’s Promise- Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) (IBRD 8992-ID) bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kementerian Agama.

Proyek ini dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai pada awal tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024 dengan pembiayaan dari Bank Dunia.

Proyek ini akan dilaksanakan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Juknis Pelaksanaan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM Tahun 2021
Juknis Pelaksanaan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM Tahun 2021

REP-MEQR terdiri atas empat komponen proyek yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sistem pengelolaan pendidikan di Kementerian Agama. Keempat komponen tersebut adalah:

Komponen 1

Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) secara nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah;

Komponen 2

Penerapan Sistem Penilaian Hasil Belajar seluruh Peserta Didik Kelas 4 MI secara nasional;

Komponen 3

Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah; dan

Komponen 4

Penguatan Sistem untuk mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan.

Sesuai dengan Project Appraisal Document (PAD) bahwa salah satu program pada proyek komponen 1 adalah penerapan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM).

Penyusunan rencana kerja dan anggaran akan berkulitas manakala di dasarkan pada analisis hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Guna menyiapkan personel madrasah dalam melaksanakan program ini maka perlu diadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM), yang selanjutnya di sebut Bimtek.

Tujuan Program Penerapan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM)

Tujuan Program Penerapan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM) adalah agar Madrasah mampu mengalokasikan secara tepat sumberdana seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau sumber dana lainnya untuk kegiatan yang mendorong pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dengan demikian:

  1. Pemanfaatan semua dana bantuan dapat di pantau baik di jenjang kabupaten/kota, provinsi, maupun pusat.
  2. Kualitas lembaga pendidikan dapat ditingkatkan seiring kenaikan kualitas perencanaan dan penganggaran.

Sasaran Program Penerapan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektronik (e-RKAM)

Pada Tahun Anggaran 2021, jumlah madrasah yang diikutsertakan Bimtek penerapan EDM dan e-RKAM sebanyak 21,687 meliputi Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), di 21 Provinsi sebagai berikut.

  1. Sumatera Utara
  2. Sumatera Barat
  3. Riau
  4. Kepulauan Riau
  5. Bengkulu
  6. Jambi
  7. Sumatera Selatan
  8. Lampung
  9. Bangka Belitung
  10. Banten
  11. Jawa Barat
  12. Jawa Tengah
  13. Jawa Timur
  14. Nusa Tenggara Barat
  15. Nusa Tenggara Timur
  16. Kalimantan Barat
  17. Kalimantan Tengah
  18. Kalimantan Selatan
  19. Kalimantan Utara
  20. Sulawesi Barat
  21. Maluku Utara

Jumlah dan nama madrasah sasaran Program ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No 4021, Tahun 2021, Tanggal 23 Juli 2021. Surat Keputusan Tersebut dapat CEK DISINI

Untuk file lengkap Juknis Pelaksanaan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM Tahun 2021 bisa  DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Daftar Madrasah Sasaran Bimtek E-Rkam 2021


Daftar Madrasah Sasaran Bimtek E-Rkam 2021 

 Belanja anggaran pendidikan cenderung belum efisien, mengingat terbatasnya data tentang penggunaan dana BOS dan sumber dana lainnya, minimnya monitoring, keterbatasan informasi tentang capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Sampai saat ini, Kemenag belum memiliki data tentang penggunaan BOS dan bagaimana BOS sebagai sumber utama pembiayaan pendidikan di madrasah berkontribusi terhadap pencapaian SNP di masing-masing madrasah.

Pengukuran capaian SNP yang sistematis sebagaimana yang telah dilaksanakan di Kemdikbud belum dilakukan di Kemenag.

Daftar Madrasah Sasaran Bimtek E-Rkam 2021
Daftar Madrasah Sasaran Bimtek E-Rkam 2021

Perencanaan dan penganggaran di madrasah negeri dapat dipantau secara detil oleh Kemenag di tingkat kabupaten/kota, provinsi, pusat.

Penerapan E-RKAM Pada Madrasah Sasaran Tahun 2021

Namun demikian, perencanaan dan penganggaran di madrasah swasta belum dapat dimonitor secara lebih sistematis.

Dengan demikian, dibutuhkan suatu sistem perencanaan dan penganggaran yang berdasarkan capaian SNP madrasah saat ini dan target SNP yang akan dicapai, serta mudah dimonitor oleh Kantor Satuan Kerja Kemenag di semua jenjang.

Sekitar 30% madrasah masih berstatus Teraktreditasi C dan belum/tidak terakreditasi. Hal ini menggambarkan bahwa madrasah tersebut masuk kategori berkinerja rendah (under-performing). Karena itu, diperlukan juga strategi untuk mempercepat pencapaian SNP bagi madrasah-madrasah tersebut.

Dengan demikian di bentuklah suatu sistem program yang dapat memantau segala bentuk kegiatan penggunaan dana BOS sesuai dengan aturan yang ada pada program Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairsfor Improved Quality of Education –selanjutnya disebut Realizing Education’s PromiseMadrasah Education Quality Reform (REP MEQR) (IBRD 8992-ID) bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kementerian Agama.

Daftar madrasah sasaran penerapan sistem e-RKAM yang akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan pada tahun 2021 sebagaimana tercantum dalam portal proyek; Daftar Madrasah Sasaran, Penetapan Madrasah sasaran ini menggunakan sistem random berbasis kecamatan di beberapa Provinsi dengan menggunakan pendekatan untuk memenuhi kebutuhan studi evaluasi dampak (impact evaluation), sehingga di beberapa provinsi di atas dimungkinkan ada madrasah di satu kecamatan yang dipilih menjadi sasaran e-RKAM tahap 2 tahun 2021 dan juga yang masuk tahap I 2020 dan ada madrasah yang akan ditetapkan sebagai madrasah sasaran pada tahun berikutnya.

Proyek ini dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai pada awal tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024 dengan pembiayaan dari Bank Dunia.


Proyek ini akan dilaksanakan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Adapun daftar madrasah yang masuk pada Daftar Madrasah Sasaran Penerapan e-RKAM Tahun 2021 bisa —– CEK DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau


Kemenag Integrasikan Data PIP Dari EMIS Ke Kemenso

Kemenag Integrasikan Data PIP Dari EMIS Ke Kemensos 

 Dalam rangka menjamin ketepatan sasaran dalam penyaluran bantuan sosial Program Indonesia Pintar pada madrasah, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK)Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan pengolahan basis data penerima PIP madrasah.

Direktur KSKK Madrasah, Moh Isom menyampaikan bahwa, bantuan sosial Program Indonesia Pintar diperuntukkan bagi anak usia sekolah (6-21 tahun) dari kalangan masyarakat kurang mampu atau miskin dan rentan miskin.

Melalui bantuan sosial PIP diharapkan dapat meningkatkan akses untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pada satuan pendidikan menengah dan mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah.


Kemenag Integrasikan Data PIP Dari EMIS Ke KemensosKemenag Integrasikan Data PIP Dari EMIS Ke Kemensos

Bantuan PIP ini diberikan kepada siswa miskin dan rentan miskin agar memperoleh layanan pendidikan sampai tamat, dan tidak ada lagi siswa yang putus sekolah.

Melalui Program Indonesia Pintar merupakan bentuk kehadiran negara dalam rangka mencerdaskan anak bangsa demi mewujudkan kesejahteraan umum dan keadilan sosial sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Dasar 1945.

Ini adalah amanat UUD 1945, yaitu dalam rangka mencerdaskan anak bangsa sehingga terwujud masyarakat sejahtera dan berkadilan. Melalui Program Indonesia Pintar negara hadir agar siswa miskin tetap memperoleh akses dan layanan pendidikan yang baik dan bermutu.

Demi tercipta akuntabilitas pengelolaan Program Indonesia Pintar pada madrasah perlu validitas basis data yang dikelola secara profesional.

Hal ini agar dalam penyalurannya tepat sasaran dan tidak terjadi kesalahan. “Validitas data siswa harus diperhatikan betul. Agar pengelolaan PIP di madrasah lebih akuntabel.

Di samping itu, seluruh dokumen terkait dengan PIP, tolong dirapikan. Ini kaitannya jika nanti ada pemeriksaan kita Kemenag disalahkan.

Output Kegiatan Pengolahan Basis Data

  • pertama, terintegrasi data penerima PIP madrasah dengan sistem pendataan EMIS.
  • Kedua, teridentifikasi penerima PIP madrasah yang tidak bisa dilakukan pencairan.
  • Ketiga, tersusun draf Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kementerian Sosial RI dengan Kementerian Agama RI tentang pertukaran data elektronik.

Dalam kegiatan pengolahan data ini, turut hadir Pusdatin Kemensos, Tim EMIS, dan OKH Pendis.

Agenda yang dibahas terkait integrasi data penerima PIP ke dalam sistem pendataan EMIS, identifikasi penerima PIP yang tidak bisa dicairkan, dan pembahasan draf PKS pertukaran atau pemadanan data elektronik dengan Kemensos.

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Sabtu, 04 September 2021

Contoh Desain Piagam KSM Satuan Pendidikan dan 50+ Contoh lainnya

Contoh Desain Piagam KSM Satuan Pendidikan dan 50+ Contoh lainnya

 Piagam KSM menjadi cambuk semangat untuk siswa dalam mengikuti kompetisi.

KSM Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

LIHAT JUGA: KUMPULAN SOAL KSM KAB. PROVINSI NASIONAL

LIHAT JUGA: KUMPULAN VIDEO MATERI PEMBELAJARAN MATA PELJARAN FIQIH

KSM yang setiap tahunnya selalu digelar walaupun dalam keadaan pandemi saat ini karena masih bisa dilakukan secara online.

Sesuai Juknis KSM 2021 kegiatan tersebut di mulai dari tingkat satuan pendidikan sampai perwakilan Provinsi dalam ajang KSM tingkat Pusat.

Contoh Desain Piagam KSM Satuan Pendidikan
Contoh Desain Piagam KSM Satuan Pendidikan

Kegiatan seleksi peserta KSM di satuan pendidikan itu adalah tahap awal yang dimana untuk dapat mewakili dalam ajang kompetisi di tingkat Kabupate.

Pendaftaran KSM tingkat Kabupaten membutuhkan Piagam penghargaan atas prestasi yang diraih di tingkat satuan pendidikan untuk kemudian dijadikan bukti dalam pendaftaran KSM tingkat Kabupaten selain lampiran nilai rapot.

contoh Desain Piagam Penghargaan KSM yang bisa dijadikan sarana pengabadian sebagai piagam penghargaan bagi siswa terbaik dalam ajang kompetisi sains Madrasah.

Secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk itu, penting rasanya kegiatan KSM ini dilakukan untuk menjadi pengalaman bagi peserta didik dalam kompetisi keilmuan.

Demikian artikel tentang Contoh Desain Piagam KSM Satuan Pendidikan semoga bermanfaat.

Silahkan —

1. Desain 1  DOWNLOAD DISINI

2. Desain 50+  DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Kumpulan Soal KSM Provinsi dan Pusat Semua Jenjang

Kumpulan Soal KSM Provinsi dan Pusat Semua Jenjang 

 Sebagaimana Juknis KSM 2021 tertuang bahwa lomba atau Kompetisi Sains Madrasah di ikuti oleh Jenjang MI, MTs dan MA baik KSM tingkat Kabupaten ataupun Provinsi dan pusat.

Dalam hal persiapan lomba menghadapi KSM 2021 ini kita perlu mempersiapkan peserta didik yang terpilih dalam seleksi tingkat Kabupaten untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi.

Persiapan menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tentu butuh mempelajari arsip soal KSM yang dimana pada kesempatan kali ini admin akan membagikan arsip soal KSM tahun 2018 dan 2019 yang bisa dijadikan refrensi sebagai tambahan pengetahuan dalam menjawab Soal KSM Tahun 2021.

Kumpulan Soal KSM Provinsi dan Pusat Semua Jenjang
Kumpulan Soal KSM Provinsi dan Pusat Semua Jenjang

Mempersiapkan calon peserta lomba KSM dengan latihan – latihan soal KSM untuk jenjang MI, MTs dan MA memang harus dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar tingkat kesiapan calon peserta KSM tingkat Provinsi dan Puusat benar – benar siap dan matang.

LIHAT JUGA: KUMPULAN VIDEO MATERI PEMBELAJARAN MATA PELJARAN FIQIH

LIHAT JUGA: CONTOH PIAGAM KSM + 50 LEBIH CONTOH LAINNYA

Sebagaimana kita ketahui bersama bah7wa mata pelajaran yang di lombakan terdiri dari beberapa Mapel diantaranya

Soal KSM 2021 Jenjang MI

  1. IPA Terpadu Terintegrasi
  2. Matematika Terintegrasi

Soal KSM 2021 Jenjang MTs

  1. Matematika Terintegrasi
  2. IPA Terpadu Terintegrasi
  3. IPS Terpadu Terintegrasi

Soal KSM 2021 Jenjang MA

  1. Biologi Terintegrasi
  2. Ekonomi Terintegrasi
  3. Fisika Terintegrasi
  4. Geografi Terintegrasi
  5. Kimia Terintegrasi
  6. Matematika Terintegrasi

Dengan melakukan latihan soal tentunya akan membuat siswa lebih terbiasa mengerjakan soal dan tidak gugup lagi menghadapi soal KSM 2021.

LIHAT JUGA: KUMPULAN VIDEO MATERI PEMBELAJARAN MATA PELJARAN FIQIH

Meskipun sudah terdapat Kumpulan Soal KSM semua Jenjang , Guru pembimbing tetap harus melakukan bimbingan dan latihan sesuai dengan sumber soal yang telah tersedia dan kisi – kisi Soal KSM 2021.

Silahkan DOWNLOAD DISINI

Semoga  bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan  segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp #1 Klik disini

WhatsApp #2

Telegram #1 Klik disini

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau

Penilaian Evaluasi Kinerja pada Aplikasi e-Kinerja BKN

Penilaian Evaluasi Kinerja pada Aplikasi e-Kinerja BKN Penilaian Evaluasi Kinerja pada Aplikasi e-Kinerja BKN Nomor : B-3192/SJ/B.III/KP.02....