PUASA BERDAMPAK BESAR DALAM MELEMBUTKAN JIWA & MENYEIMBANGKAN INSTING
Oleh: Edi Saputra, S.PdI
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Di antara manfaat penting yang ada dalam puasa adalah melembutkan jiwa, menguatkan kehendak yang ada dalam diri, dan menyeimbangkan insting.
Puasa dalam berbagai presfektif memiliki berbagai dimensi dan dampak yang begitu banyak, baik dari sisi materi maupun maknawi (spiritual), dan yang paling penting dari semua dimensi yang ada adalah dimensi akhlak dan pendidikannya.
Di antara manfaat penting yang ada dalam puasa adalah melembutkan jiwa, menguatkan kehendak yang ada dalam diri, dan menyeimbangkan insting.
Seseorang yang melakukan puasa, selain harus merasakan kelaparan dan kehausan dalam wujudnya, ia juga harus menutup matanya dari kelezatan dan kenikmatan biologis, serta membuktikan dengan amal bahwa ia tidaklah seperti hewan yang terkungkung di dalam kandang dan rerumputan. Karena ia mampu menahan diri dari godaan nafsu dan lebih dominan dari hawa nafsu serta syahwatnya.
Pada hakikatnya, hak yang terpenting dalam puasa terletak pada dimensi ruhani dan maknawi. Yaitu, seseorang yang memiliki seluruh ikhtiyar dan kewenangan dalam berbagai macam makanan serta minuman, di mana setiap kali merasa lapar dan haus ia langsung bisa menikmati apa yang diinginkannya.
Keadaannya sebagaimana pepohonan yang tumbuh menyandar di samping dinding yang terletak di pinggiran sebuah aliran air. Pepohonan semacam ini begitu lembut, kurang mampu bertahan dan sangat rentan terhadap serangan berbagai penyakit, serta tidak mempunyai kekuatan bertahan lama. Apabila beberapa hari saja akarnya tidak menyentuh aliran air, pepohonan ini akan segera layu dan menjadi kering.
Lain halnya dengan pepohonan yang tumbuh di sela-sela bebatuan sahara atau yang tumbuh di tengah gunung tandus dan di jalanan yang gersang. Pepohonan yang batang serta dahannya senantiasa dimanjakan oleh angin topan dan teriknya panas matahari yang membakar serta dinginnya angin musim dingin, serta pepohonan yang tumbuh dengan segala kekurangan sejak masa dini pertumbuhannya ini, menjadikannya sebagai sebatang pohon yang tegar, kuat, penuh kemandirian, dan pantang menyerah.
Demikianlah halnya dengan puasa. Ia mempengaruhi jiwa manusia seperti ini. Dan pada batasan-batasan tertentu, ia akan memberikan pertahanan dan kekuatan kemauan dan daya dalam melawan segala peristiwa yang sulit.
Ketika naluri liarnya telah terkontrol dengan baik, maka puasa ini akan memancarkan pula cahaya dan kejernihan di dalam kalbunya.
Ringkasnya, puasa dapat memberikan lompatan yang menakjubkan dari alam hewani menuju ke alam malaikat.
Al-Qur’an berfirman, “Supaya kita bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2]: 183)
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba 'alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba 'alallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn.
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
Ayat ini menjelaskan filsafat diwajibkannya puasa yang mengisyaratkan pada kompleksitas hakikat tersebut.
Demikian juga, hadis masyhur “Puasa merupakan perisai dalam menghadapi api neraka” mengisyaratkan pula tentang persoalan ini.
Dalam hadis yang lain, Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib a.s. bertanya kepada Rasulallah saw., “Apa yang harus kita lakukan supaya setan menjauhi kita?” Rasulullah saw. bersabda, “Dengan berpuasa, wajah setan akan berubah menjadi hitam, infak di jalan Allah akan melobangi punggungnya, bersahabat karena Allah dan menjaga amal yang salih akan memotong ekornya, sedangkan beristighfar akan memutuskan urat nadi kalbunya.”
Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib a.s. dalam Nahjul Balaghah menjelaskan filsafah ibadah. Berkenaan dengan puasa, beliau berkata; “Puasa itu untuk menguji keikhlasan seorang hamba.”
Demikian juga di hadis yang lain, Rasulallah saw. bersabda; “Sesungguhnya surga mempunyai sebuah pintu yang bernama Rayyân. Tidak seorang pun yang melewati pintu itu kecuali orang-orang yang berpuasa.”
Almarhum Shaduq r.a. dalam Ma‘ânî Al-Akhbâr-nya ketika menjelaskan hadis tersebut menulis, “Latar belakang pemilihan nama Rayyân untuk salah satu pintu surga ini adalah kesulitan yang biasanya dihadapi oleh orang-orang yang melakukan puasa, yaitu rasa dahaga.
Ketika orang-orang yang berpuasa memasuki surga dan melewati pintu ini, mereka akan meneguk air minum yang ada di dalamnya, sehingga setelah itu mereka tidak akan pernah merasa kehausan
Puasa bukan saja ada dalam agama Islam, tetapi juga di dalam agama Yahudi, Nasrani, bahkan agama-agama lainnya.
Menurut #kaP semua agama pada awalnya adalah agama samawi. Seluruh agama pada permulaannya datang dari Allah tetapi dalam perkembangannya terjadilah perubahan yang merupakan campur tangan manusia.
Karena seluruh agama pada awalnya adalah agama Samawi, tidak heran kalau seluruh agama mensyariatkan puasa. Apapun bentuknya. Bahkan pada masyarakat yang tidak mengenal agama, seperti pada bangsa-bangsa primitif, kita temukan adanya kebiasaan berpuasa.
Mengapa puasa disyariatkan oleh Allah SWT pada seluruh agama?
- Pertama, puasa adalah alat untuk mendekatkan diri menuju Allah. Karena alasan inilah, kita menemukan puasa terdapat pada seluruh agama di dunia ini.
- Kedua, agama dapat memenuhi kebutuhan spiritual kita. Jika anda seorang Antropolog, anda tahu bahwa banyak lembaga-lembaga sosial dibentuk untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia akan pemuas seksual, masyarakat membentuk lembaga pernikahan. Untuk memenuhi ambisi akan kekuasaan, masyarakat menciptakan sistem politik. Untuk memenuhi kebutuhan ruhaniah manusia di masyarakat, lahirlah agama.
Agama adalah institusi kebutuhan ruhaniah. Secara filosofis kita percaya bahwa yang membedakan kita dari mahluk-mahluk yang lain adalah ruh. Sebagian orang menyatakan bahwa hakikat kemanusiaan seseorang terletak di dalam ruhnya.
Ada suatu penelitian tentang puasa di barat. Penelitian itu mengamati sekelompok orang yang berpuasa. Setelah beberapa hari puasa, terjadi sesuatu yang aneh. Pikiran mereka menjadi filosofis. Mereka menjadi bisa berfilsafat.
Seperti filusuf, orang yang puasa mulai berpikir yang abstrak. Pikiran mereka tidak terbatas pada hal-hal yang kongkrit lagi.
Dalam psikologi perkembangan (development psychology), kita ketahui dalam perkembangan kepribadiannya, manusia mengubah-ubah kebutuhannya. Dengan kata lain, kenikmatan manusia berganti-ganti sesuai dengan perkembangan kepribadiannya.
Pada tingkat yang masih awal sekali dalam perkembangan kepribadian, kebutuhan manusia itu hanya berkaitan dengan hal-hal yang kongkrit atau hal-hal yang berwujud dan kelihatan. Pada tingkat ini, kebutuhan itu memerlukan pemuasan yang segera (immediate gratification).
#kaP meneliti tentang kesenangan anak-anak di masa kecil mereka. Menurutnya ada tiga tahap perkembangan kenikmatan anak-anak itu. Semua tahap ini memiliki persamaan. Semuanya bersifat kongkrit, bisa dilihat dan sifat pemenuhannya yang sesegera mungkin.
Kalau orang itu lapar, ia makan. Ia segera memuaskan kebutuhannya dengan kesenangan pada makan dan minum.
Letak kenikmatan pada periode paling awal dalam perkembangan kepribadian anak adalah mulutnya.
Ini disebut Periode Oral. Anak-anak menemukan kenikmatan ketika memasukkan sesuatu ke mulutnya. Kesenangan ini diperolehnya dalam pengalaman pertama menyusu pada ibunya. Lalu ia belajar memasukkan apa saja ke dalam mulutnya. Pada periode oral ini, jika anak-anak diperintahkan untuk berjalan, dia akan berusaha untuk mengambil sesuatu dan memasukannya ke dalam mulut. Bila tida ada sesuatu yang bisa diraih atau diletakkan ke dalam mulutnya, dia akan memasukkan tangannya sendiri.
Pada perkembangan selanjutnya, kenikmatan tidak hanya terletak pada mulut. Dia mendapatkan kenikmatan ketika mengeluarkan sesuatu dari tubuhnya. Seperti ketika dia buang air besar atau buang air kecil. Masa itu disebut Periode Anal. Pada periode ini, seorang anak bisa berlama-lama di atas toilet. Dia senang melihat tumpukan kotorannya dan kadang-kadang ia mempermainkannya.
Sesudah itu, kepribadian anak berkembang lagi. Kini kenikmatannya bergeser. Dia memasuki satu periode yang akan mempersiapkan dirinya untuk menjadi orang yang lebih dewasa. Periode ini dinamakan Periode Genital.
Kalau dilihat dari teori ini , maka seluruh kebutuhan pada masa kanak-kanak itu bersifat fisik. Tidak ada kebutuhan ruhaniah sedikitpun.
Kebutuhan kita ini berkembang. Semakin dewasa, semakin abstraklah kebutuhan kita. Pada orang-orang tertentu, kepribadiannya itu terhambat dan tidak bisa berkembang.
Hambatan kepribadian itu disebut fiksasi. Misalnya, ada orang yang terhambat pada pemenuhan kebutuhan oral saja. Walaupun sudah dewasa, dia hanya memperoleh kenikmatan pada makan dan minum saja. Perbedaannya, dia mengubah makan dan minum itu dalam bentuk simbol, misalnya dalam bentuk pemilikan kekayaan.
Relevansi puasa dalam kehidupan modern, dengan merujuk kepada teori tentang Orang-orang modern, dalam pandangan #kaP adalah orang-orang yang krisis mental Spiritual (jiwa).
Mereka adalah orang-orang yang terhambat dalam perkembangan kepribadiannya. Mereka hanya mengejar kenikmatan dalam makan dan minum saja. Atau, paling tidak mereka terhambat pada tingkat genital. Mereka seperti anak-anak, masih mencari kenikmatan fisik / Jasmani.
Lembaga-lembaga modern dibuat untuk memenuhi kebutuhan itu: makan, minum, dan seks. Bisnis makanan sampai sekarang adalah sektor usaha yang paling banyak menyedot uang.
#kaP mendengar aset bulanan suatu restoran fast food di Indonesia mencapai puluhan milyar rupiah. Jadi, puluhan milyar rupiah dikeluarkan oleh orang Indonesia, hanya untuk membeli sepotong burger saja. Rata-rata orang Indonesia mengeluarkan lebih dari 75% dai penghasilannya untuk makan dan minum.
Orang-orang modern adalah orang yang kerjanya menumpuk kekayaan. Ia akan memperoleh kenikmatan dengan melihat banyaknya kekayaan yang dimilikinya.
Sebagai contoh sederhana. di salah satu kampung yang bertetangga dengan ada seorang ibu yang dikenal sebagai orang kaya (kaya dalam ukuran kampung). Tetapi sehari-hari dia hanya makan dengan nasi yang amat sedikit. Lauk pauknyapun ia cari sendiri dengan merendam dirinya di sungai untuk memperoleh ikan. Pakaian yang biasa dipakainya pun sangat sederhana.
Ketika ia meninggal dunia, lemarinya dibuka. Ajaib, lemari itu penuh dengan pakaian yang bagus-bagus. Orang tidak pernah melihat ia memakai pakaian-pakaian itu. Semua orang kampung kebingungan.
Bagi #kaP ibu itu adalah contoh orang menderita sepanjang hidupnya. Kenikmatan yang ia peroleh tidak dalam mempergunakan seluruh harta dan barangnya. Ia memperoleh kenikmatan ketika ia membuka lemari dan memandang hartanya itu seraya berkata pada dirinya, “Semua ini milikku”.
Orang kota juga banyak yang seperti itu. Mereka memperoleh kenikmatan dalam membaca laporan depositonya di bank. Kalau dia ingat, dia membuka lemari dan menyibak lembaran-lembaran depositonya. Ia tidak ingin menggunakan depositonya karena takut jumlah uang itu akan berkurang.
Ada juga orang yang membeli barang berharga dan memperoleh kenikmatan dengan melihat tumpukan barang-barang itu.
Orang yang seperti itu tertahan dalam tahap yang kedua, yaitu tahap kenikmatan melihat kotoran. Penumpukan kekayaan yang dibeli dengan pengeluaran itu sebetulnya adalah pemuliaan atau sublimasi dari kenikmatan melihat kotoran.
Manusia yang senang menumpuk kekayaan, menurut #kaP - terhambat pada periode anal.
Pada sisi lain, manusia yang tidak mengalami fiksasi akan memasuki tahap kebutuhan yang lebih abstrak misalnya kebutuhan intelektual, kebutuhan akan ilmu pengetahuan dan informasi. Ia akan memperoleh kenikmatan dalam mengumpulkan informasi, atau menyampaikannya. Informasi itu sesuatu yang abstrak.
#kaP membuat piramida kebutuhan manusia. Semakin tinggi bagian piramida, semakin abstrak pula kebutuhannya. Pada tingkat yang paling bawah, manusia hanya memenuhi kebutuhan makan dan minum saja. Ia hanya memuaskan kebutuhan biologisnya saja. Bila kebutuhan biologis itu sudah terpenuhi, kebutuhannya akan naik pada tingkat yang selanjutnya. Kebutuhan di atasnya adalah kebutuhan akan kasih sayang, ketentraman dan rasa aman. Lebih atas lagi adalah kebutuhan akan perhatian dan pengakuan. Lebih tinggi dari itu adalah kebutuhan akan self-actualisation atau aktualisasi diri.
Di dalam Islam, hal itu disebut kebutuhan akan al-takamul al-ruhani, proses penyempurnaan spiritual. Itulah tingkat yang paling tinggi dalam kebutuhan manusia.
Dari uraian yang panjang ini, kita bisa menyimpulkan: semakin dewasa seseorang, semakin abstrak kebutuhannya.
Kebutuhan yang paling tinggi ialah orang ketika orang berusaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan ruhaniahnya bukan kebutuhan-kebutuhan jasmaniahnya. Itulah orang yang sudah sangat dewasa.
Di bulan Ramadhan sebenarnya kita dilatih untuk mengembangkan kepribadian kita. Kita meninggalkan tingkat oral, anal dan genital untuk mikraj ke tingkat ruhaniah yang lebih tinggi.
Pada siang hari di bulan puasa, kita berlatih untuk meninggalkan masa kanak-kanak kita. Periode Oral kita dikekang dengan tidak makan dan minum. Kitapun mencoba untuk meninggalkan tahap genital dengan meninggalkan nafsu seks kita pada waktu kita berpuasa.
Pada bulan Ramadhan, kita belajar menjadi dewasa. Di bulan ini, kita berusaha memenuhi kebutuhan ruhaniah kita. Kita berusaha menanggalkan keterikatan pada tubuh kita dan mulai memperhatikan kebutuhan ruh kita.
Kita adalah gabungan antara ruh dan tubuh, tapi dalam kenyataan sehari-hari kita terikat sekali dengan tubuh kita.
Seseorang yang sudah sampai pada tingkat yang keterikatan pada ruhnya lebih besar daripada keterikatan pada tubuhnya, akan mampu untuk mengendalikan tubuhnya sendiri.
Orang yang sangat terikat dengan tubuh, akan mudah sekali dipengaruhi oleh perubahan cuaca. Dia bisa kedinginan kalau suhu udara turun. Dia bisa kegerahan kalau suhu udara naik.
Sedangkan orang yang sudah lebih terikat kepada ruh, akan bisa mencipta. Dia bisa membuat tubuhnya hangat ketika udara amat dingin.
Menurut pemahaman #kaP, salah satu tahap dalam wilayah atau kewalian seseorang adalah tahap ketika sudah bisa mengendalikan hawa nafsunya. Dia tidak akan marah ketika seharusnya marah. Dia tidak ingin membalas dendam ketika semestinya ia membalas dendam. Dia tidak sakit hati ketika orang menyakiti hatinya. Nafsunya sudah terkendalikan.
Menahan makan dan minum serta menahan diri dari perbuatan hawa nafsu sudah termasuk tingkat wilayah yang paling awal.
Jadi, pada saat bulan puasa, insya Allah, kita akan menjadi wali-wali Allah pada tingkat yang paling elementer.
Jika orang sudah berhasil mengendalikan seluruh hawa nafsunya, dia akan naik kepada wilayah yang kedua, yaitu ketika ruhnya sudah bisa mengendalikan tubuhnya. Tingkat ketiga, ialah ketika ruhnya sudah bisa mengendalikan gerakan alam sekelilingnya. Kalau ia menyatakan sesuatu itu jadi, maka terjadilah sesuatu itu. Kalau ia meminta supaya pohon itu berbunga maka berbungalah pohon itu. Dari dirinya memancar sesuatu yang menggerakkan dan menggoncangkan seluruh molekul di sekitarnya.
Orang seperti itu adalah orang yang sudah bisa menentukan takdirnya. “Kembangkan dirimu begitu rupa, “sehingga Allah akan menetapkan takdirnya, Dia akan berkonsultasi dulu denganmu.” Kalau Allah akan mematikan kamu, Dia akan bertanya dulu : Apakah kamu akan mati sekarang atau nanti. Orang seperti ini sudah mencapai tingkat kewalian yang ketiga.
Ketika dia bisa menentukan takdir, menggenggam takdir ditangannya, dan tidak lagi tunduk pada takdir. Bahkan, Allah menentukan takdirnya dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepadanya. Bayangkanlah !
Bulan puasa adalah bulan ketika kita, paling tidak diantarkan untuk mengendalikan hawa nafsu. Lalu bagaimana jika di bulan Puasa ada orang yang berhasil mengendalikan makan, minum dan seksnya tetapi tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya ? Itu berarti orang itu tidak masuk ke tingkat wali yang paling elementer sekalipun.
Orang seperti ini tidak makan dan minum tapi mudah tersinggung. Ia mudah marah dan mencaci maki orang lain. Ia tidak bisa mengendalikan mulutnya.
Hadis Qudsi tentang puasa. Bagaimana kita meningkatkan tingkat kewalian atau wilayah kita ini ? Kita dapat berpedoman pada hadis-hadis qudsi. Hadis qudsi adalah petunjuk Allah bagi yang ingin mendekatiNya. Dengan latar belakang psikologis pada awal tadi, saya akan mengantarkan anda kepada hadis-hadis Qudsi yang membimbing kita dalam menjalankan ibadah puasa.
Dalam satu hadis qudsi, Allah SWT berfirman : “Demi keagungan-Ku, kebesaran-Ku, kemuliaan-Ku, cahaya-Ku, ketinggian-Ku dan ketinggian kedudukan-Ku, tidaklah seorang hamba mendahulukan kehendaknya di atas kehendak-Ku kecuali Aku cerai beraikan urusannya, Aku kacaukan dunianya, aku sibukkan hatinya dengan dunianya. Dan dunia tidak mendatanginya kecuali yang sudah Aku tentukan baginya.
Demi keagungan-Ku dan ketinggian kedudukan-Ku, tidaklah seorang hamba mendahulukan kehendak-Ku di atas kehendaknya kecuali akan Aku perintahkan pada malaikat untuk menjaganya. Aku akan jaminkan langit dan bumi rezekinya. Aku akan menyertai setiap usaha yang dilakukannya. Dan dunia akan datang sambil merendahkan diri kepadanya.”
Dalam hadis di atas, Tuhan menjelaskan kepada kita salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Cara itu adalah dengan menempatkan kehendak Allah di atas kehendak kita sendiri.
Ada dua golongan manusia. Pertama, golongan manusia yang mendahulukan kehendaknya di atas kehendak Allah.
Kedua, golongan manusia yang mendahulukan kehendak Allah di atas kehendaknya.
Orang yang berpuasa termasuk ke dalam golongan kedua. Ia menempatkan kehendak Tuhan di atas kehendaknya sendiri.
Ketika siang hari, keinginannya adalah makan dan minum, dan keinginan Allah adalah supaya ia tidak makan dan minum. Orang berpuasa akan mengutamakan keinginan Allah. Meskipun lapar, ia tidak akan penuhi keinginannya.
Pada saat yang sama, ketika kita lapar, umumnya kita mudah sekali tersinggung. Kalau kita diganggu orang, kita ingin sekali untuk marah. Namun, Allah menghendaki kita di bulan Ramadhan untuk mengekang amarah kita. Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang mengendalikan marahnya di bulan Ramadhan, Allah akan menahan murkaNya pada hari kiamat nanti.” Kita menahan amarah kita demi memenuhi kehendak Allah.
Sebetulnya setiap hari kita dihadapkan pada 2 pilihan ini : Apakah akan memenuhi kehendak Allah atau memenuhi kehendak diri kita sendiri.
Allah berkehendak agar kita mencari nafkah yang halal untuk membiayai keluarga kita. Bila kita memiliki kelebihan harta, Allah berkehendak agar kelebihan itu dibagikan kepada hamba-hambaNya.
Tapi jika kita mempunyai kelebihan rezeki, kehendak kita adalah memakai kelebihan itu untuk memenuhi keperluan konsumtif kita. Kita tumpuk makanan berlebih untuk kita santap ketika berbuka puasa. Seakan suatu kompensasi akan ketidak-makanan dan ketidak-minuman kita di siang hari.
Pada bulan puasa ini, kita kesampingkan kehendak kita. Kita utamakan kehendak Allah swt. Kita penuhi juga kehendak Allah itu dengan bersedekah sebanyak-banyaknya kepada fakir miskin dan mustadh’afin. Itulah puncak perkembangan kejiwaan manusia.
Semoga bermanfaat,
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.
Mohon dengan IKHLAS untuk Klik LIKE, SHARE dan SUBSCRIBE Channel Youtube. Silahkan kunjungi KLIK DISINI
Terima Kasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar