Rabu, 05 Mei 2021

e-book Kumpulan Khutbah Idul Fitri MUI 2020 Lengkap

E-Book Kumpulan Khutbah Idul Fitri MUI 2020 Lengkap 

Untuk file lengkapnya bisa 

1. Ebook Khutbah 1 ——— DOWNLOAD DISINI——— 

2. Khutbah 2 ‐-- DOWNLOAD DISINI ----

3. Khutbah Idul Fitri 3 ---- DOWNLOAD DISINI ----

Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan untuk segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp 1 Klik disini

WhatsApp 2

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau 

ÑASKAH KHUTBAH IDUL FITRI COVID-19 TAHUN 1440H/2020M

NASKAH KHUTBAH IDUL FITRI COVID 19 TAHUN 1440H/2020M



Untuk file lengkapnya bisa ———- DOWNLOAD DISINI——— 

Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan untuk segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp 1 Klik disini

WhatsApp 2

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau 


Naskah Khutbah Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019M

Naskah Khutbah Hari Raya Idul Fitri Tahun 1440 H/2019 M

Untuk file lengkapnya bisa ———- DOWNLOAD DISINI——— 

Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan untuk segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp 1 Klik disini

WhatsApp 2

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau 



Pemberitahuan Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Tahun Anggaran 2021

Pemberitahuan Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Tahun Anggaran 2021 – Dalam rangka pelaksanaan Proyek Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR), dengan ini disampaikan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Proyek REP-MEQR pada tahun 2021 akan menyalurkan Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Madrasah kepada madrasah yang memenuhi persyaratan. Beberapa kriteria utama madrasah penerima Bantuan dimaksud adalah sebagai berikut:


1. Madrasah telah mendapatkan Bimbingan Teknis Penerapan Sistem EDM dan e-RKAM Tahap I Tahun 2020/2021 di 12 Provinsi (Aceh, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Gorontalo);

2. Madrasah telah menerapkan aplikasi EDM dan e-RKAM dalam penyusunan dokumen Evaluasi Diri Madrasah dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah;

3. Madrasah telah melakukan pemutakhiran data pada Aplikasi EMIS 4.0 https://emis.kemenag.go.idhubungan dengan hal tersebut, kami minta bantuan Saudara untuk memberitahukan kepada madrasah dan mendorong madrasah yang telah mendapatkan Bimtek EDM dan e- RKAM untuk menerapkan aplikasi e-RKAM dan melakukan pemutakhiran data madarasah pada aplikasi EMIS 4.0, sehingga madrasah tersebut mendapat kesempatan untuk memperoleh Bantuan Kinerja atau Bantuan Afirmasi sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang ditetapkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami minta bantuan Saudara untuk memberitahukan kepada madrasah dan mendorong madrasah yang telah mendapatkan Bimtek EDM dan e- RKAM untuk menerapkan aplikasi e-RKAM dan melakukan pemutakhiran data madarasah pada aplikasi EMIS 4.0, sehingga madrasah tersebut mendapat kesempatan untuk memperoleh Bantuan Kinerja atau Bantuan Afirmasi sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang ditetapkan.


Informasi lebih lanjut terkait pelaksanaan Bantuan dimaksud akan diunggah pada Portal Kementerian Agama: https://kemenag.go.id dan Portal Proyek:
https://madrasahreform.kemenag.go.id pada sekitar bulan Juni Tahun 2021.

Untuk file lengkap Pemberitahuan Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Tahun Anggaran 2021 bisa ———- DOWNLOAD DISINI——— 

Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan untuk segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp 1 Klik disini

WhatsApp 2

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau 

Juknis Kegiatan Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah Tahun 2021

Juknis Kegiatan Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah Tahun 2021



Juknis Kegiatan Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah Tahun 2021 –Globalisasi, yang ditandai dengan meningkatnya arus teknologi informasi dan komunikasi telah menjadikan umat manusia di berbagai belahan dunia dapat dengan cepat terkoneksi dan berinteraksi secara masif. Akibatnya, karakter dan identitas global pun dengan mudah dapat mempengaruhi watak seseorang. Dampaknya adalah tren gaya hidup dapat dengan mudah diadopsi oleh warga masyarakat di berbagai belahan dunia mana pun.Situasi tersebut, satu sisi dapat menjadikan kehidupan umat manusia lebih mudah dan praktis. Tetapi pada sisi lain, berpotensi mengancam karakter dan jati diri seseorang. Tampilan dan citra diri yang lebih mengedepankan aspek simbolis, pragmatis dan materialis seolah telah menjadi orientasi dan tujuan hidup yang utama. Sementara substansi hidup yang mengarah pada kemaslahatan bersama (rahmatan lil `alamin) seolah menjadi terlupakan.

Generasi Z, sebagai generasi yang akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi, merupakan kelompok masyarakat yang memiliki tingkat intensitas tinggi dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Terutama lagi, mereka yang tinggal di wilayah urban atau sub-urban. Teknologi informasi dan komunikasi seolah telah menjadi bagian dari identitas hidup mereka.


Dalam rangka menghadapi kondisi yang demikian, sangat diperlukan kegiatan pendampingan, baik berupa pendidikan maupun pelatihan, kepada generasi Z khususnya agar dapat menyikapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik. Hal ini agar mereka tidak mudah terombang-ambing dalam `ketidakjelasan’ identitas; tidak mudah terpengaruh oleh pola sosialisasi—terutama dalam hal sosial-keagamaan—yang manipulatif dan destruktif; dan tidak mudah terpapar paham keberagamaan yang intoleran – radikal ekstrem. Terutama dalam tata kehidupan masyarakat di Indonesia yang salah satu cirinya adalah majemuk.


Dari sinilah, diperlukan upaya untuk memaksimalkan potensi dan bakat mereka. Di antaranya melalui penguatan karakter, terutama pada aspek moderasi beragama. Yakni, melalui pembangunan karakter moderat dalam kerangka penguatan nilai-nilai moderasi beragama.

Selain sebagai bentuk implementasi visi Kementerian Agama RI, kegiatan ini juga sekaligus menjadi bentuk ejawantah dari visi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo 2019-2024 yang difokuskan pada peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sebagaimana tercermin dalam jargon “Revolusi Mental,” yang mengandaikan perlunya sinergi antara karakter pribadi dengan kearifan lokal dalam penyelenggaraan pendidikan.

Madrasah, sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia memiliki andil besar dalam mewujudkan visi tersebut. Kemampuan Madrasah untuk tetap eksis, jauh sejak sebelum Indonesia merdeka hingga saat ini dapat menjadi bukti `kehebatan’ Madrasah. Lembaga pendidikan Islam yang memiliki karakter khas dan unik. Meski mengadopsi sistem pendidikan modern, tetapi Madrasah tidak pernah lepas dari nilai-nilai sejarah dan konteks sosial-budaya yang melingkupinya.

Generasi yang dihasilkan Madrasah pun, bukan semata cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual. Generasi yang tidak hanya “hebat”, tetapi juga “bermartabat”; generasi yang tidak hanya cerdas (secara akal), tetapi juga santun dalam menyikapi dinamika kehidupan; generasi yang tidak hanya mementingkan diri sendiri (invidualistis), tetapi peduli dengan sesama dan lingkungan sekitarnya.

Di sinilah urgensi pelaksanaan kegiatan “Penguatan Pengembangan Karakter Siswa dalam Moderasi Beragama” bagi para siswa Madrasah. Selain sebagai upaya mencegah intoleransi, radikalime dan ekstremisme juga menjadi salah satu ikhtiar nyata Direktorat KSKK Madrasah dalam rangka merawat Kebhinekaan Indonesia.

Namun demikian, karena pada tahun 2021 bangsa Indonesia masih berada pada nuansa Pandemi Covid-19, maka pola pelaksanaan kegiatan ini pun harus menyesuaikan dengan kebijakan penanganan Covid-19 dan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.
Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Memperkuat karakter siswa dalam moderasi beragama
  2. Menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyyah dan Keindonesiaan kepada siswa madrasah di Indonesia
  3. Meningkatkan pengetahu an siswa madrasah terhadap Islam wasathiyyah dan Keindonesiaan
  4. Memperkuat karakter Islam wasathiyyah dan Keindonesiaan serta pemahaman keberagamaan yang moderat terhadap siswa madrasah di Indonesia.
  5. Memperkuat sikap keberagamaan dalam konteks Keindonesiaan di kalangan siswa madrasah di Indonesia.

Bentuk Kegiatan Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah Tahun 2021

Bentuk kegiatan ini adalah menyeleksi, melatih hingga memilih para calon inisiator dan motivator muda moderasi yang akan menjadi “Duta Harmoni: Duta Hebat-Bermartabat, Moderat dan Anti Korupsi” di lingkup siswa Madrasah Aliyah (MA). Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Penyusunan petunjuk teknis

Kegiatan ini menyiapkan dokumen yang berisi petunjuk teknis kegiatan “Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah Dalam Moderasi Beragama.”

  • Sosialisasi

Kegiatan ini dilakukan untuk mendiseminasi program dan berbagai kegiatan “Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah dalam Moderasi Beragama.”

  • Seleksi

Setelah dilakukan sosialisasi, tahapan berikutnya adalah menyeleksi para calon inisiator dan motivator muda yang akan menjadi Duta Harmoni. Pada tahap ini, para peserta harus mengirimkan konsep dan video Rencana Aksi Kegiatan yang selanjutnya akan diseleksi oleh tim juri.

  • Pelatihan dan Mentoring Duta Harmoni

Peserta seleksi, kegiatan berikutnya adalah pelatihan/mentoring yang akan dilakukan secara blended yakni daring dan luring. Pada tahap ini, para peserta akan memperoleh masukan dan pengayaan Rencana Aksi Kegiatan yang sudah disiapkan oleh para peserta untuk diimplementasikan dalam tahapan Impelementasi Rencana Aksi Kegiatan.

  • Implementasi Rencana Aksi Kegiatan

Dalam kegiatan ini, para peserta terpilih akan menjalankan Rencana Aksi Kegiatan yang telah mendapat masukan dan pengayaan dan tim mentor pusat. Dalam kegiatan ini, tim Direktorat KSKK akan memantau dan mendiskusikan proses aksi kegiatan yang dilakukan oleh para peserta terpilih. Tugas pokok tim Direktorat KSKK adalah melakukan pendampingan dan supervisi.

  • Pendampingan/Pendalaman/Best practices

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkuat aspek pengetahuan para calon Duta Harmoni dengan menyelenggarakan pelatihan/ mentoring secara virtual sebanyak 2 (dua) kali.

  • Apresiasi Duta Harmoni

Kegiatan ini sebagai apresiasi terhadap Duta Harmoni yang telah menjalankan program aksi kegiatan. Duta Harmoni diarahkan menjadi penggerak moderasi di kalangan siswa Madrasah Aliyah (MA).

Materi/Tema Kegiatan

Secara umum, materi/tema kegiatan berpijak pada kebiasaan dan perilaku sehari-hari dan keterlibatan siswa atau madrasah dalam kegiatan sosial-kemasyarakatan. Beberapa buku sebagai bahan bacaan dalam “Membangun Karakter Moderat: Modul Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada MA”, yang diterbitkan oleh Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. Soft-file buku ini dapat diunduh dengan cara mengakses laman: https: / /madrasah2.kemenag.go.id/buku/

Untuk file lengkap Juknis Kegiatan Penguatan Pengembangan Karakter Siswa Madrasah Tahun 2021 ——— DOWNLOAD DISINI———-


Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan untuk segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp 1 Klik disini

WhatsApp 2

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau 

Surat Edaran Pemberitahuan Program Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021

Surat Edaran Pemberitahuan Program Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021


Surat Edaran Pemberitahuan Program Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021 – Dengan ini disampaikan bahwa dalam rangka penyelesaian data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan memberlakukan program “Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021” Sehubungan dengan hal tersebut, kami informasikan beberapa hal sebagai berikut:


1. Program “Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021” akan diberlakukan rnulai tanggal 10 Mei 2021 sampai dengan 9 Juni 2021.


2. Selama periode “Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021”, seluruh satuan pendidikan Islam di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam diwajibkan untuk melakukan pemutakhiran data EMIS Semester Genap TP 2020/2021 secara lengkap, akurat dan tuntas sampai tahap cetak Berita Acara Pendataan (BAP).
3. Pelaksanaan pemutakhiran data EMIS pada periode “Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021, diatur sebagal berikut: a. Untuk lembaga Madrasah (RA, MI, MTs dan MA) hanya menggunakan aplikasi EMIS 4.0 yang dapat diakses melalui laman https://emis.kemenag.go.id/ Dengan demikian. aplikasi EMIS Madrasah versi sebelumnya, baik Aplikasi EMIS Online maupun Aplikasi Feeder EMIS. sudah tidak diberlakukan lagi mulai tanggal 10 Mei 2021. b. Untuk lembaga-lembaga pendidikan Islam lainnya (Pondok Pesantren. PK-PPS, PDF. SPM. MDT, LPO, Mahad Aly dan PTKI), Guru PAI dan Pengawas PAI masih menggunakan aplikasi EMIS lama yang dapat diakses melalui laman : http://emispendis.kemenag.go.id
4. Satuan pendidikan yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS, tidak berhak untuk mendapatkan layanan dalam bentuk apapun dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. seperti BOS, PIP, Bantuan Sarpras, Bantuan PJJ, Asesmen Nasional. dan layanan-layanan lainnya.
5. Konsultasi dalam pelaksanaan pemutakhiran data EMIS dapat disarnpaikan melalui: a. Untuk Aplikasi EMIS 4.0 (RA, MI, MTs dan MA) dapat menghubungi livo agent melalui nomor 081147402020 (hanya untuk komunikasi WhatsApp, b. Untuk Aplikasi EMIS Lama (Pondok Pesantren, PK-PPS, PDF, SPM, MDT, LPO, Mahad Aly, PTKI, Guru PAI dan Pengawas PAI) dapat menghubungi Tim Support EMIS melalui email emisdashboard@gmail.com.
6. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dimohon untuk meneruskan informasi ini ke seluruh Kepala Kantor Kemenag Kab./Kota dan Kepala Satuan Pendidikan yang berada di wilayahnya.
7. Pimpinan Kopertais dimohon untuk meneruskan informasi ini ke seluruh pimpinan PTKIS yang menjadi binaannya.

Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian dan segera ditindak lanjuti Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Untuk file lengkap Surat Edaran Pemberitahuan Program Bulan Data Pendidikan Islam Tahun 2021 bisa ———DOWNLOAD DISINI ———


Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan untuk segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp 1 Klik disini

WhatsApp 2

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau 

Pendataan Asesmen Nasional Persiapan AN Tahun 2021

Pendataan Asesmen Nasional Persiapan AN Tahun 2021 – Satuan pendidikan yang melaksanakan Asesmen Nasional adalah seluruh satuan pendidikan termasuk Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri yang terdaftar dalam pangkalan data Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

Peserta didik

  1. Peserta didik terdaftar dalam Dapodik atau EMIS yang memiliki Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) valid
  2. Peserta didik masih aktif belajar pada satuan pendidikan:
  3. Peserta didik Tunarungu dan Tunadaksa tanpa tambahan hambatan pada satuan pendidikan luar biasa dan satuan pendidikan yang memiliki siswa inklusi.
  4. Peserta didik yang memiliki hambatan bahasa/membaca pada satuan pendidikan umum atau satuan pendidikan luar biasa tidak mengikuti AN.
  5. Peserta didik yang berkewarganegaraan Indonesia (WNI) di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri didaftarkan sebagai calon peserta Asesmen Nasional.


Pendataan Asesmen Nasional Persiapan AN Tahun 2021Pemilihan Peserta didik (Sampling)


  • Peserta didik yang mengikuti Asesmen Nasional adalah peserta didik yang terpilih secara acak (random) di setiap satuan pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh Pusat;
  • Proses sampling dilakukan oleh sistem pada laman pendataan-AN dengan proporsi jumlah siswa
  1. SMA sederajat per Program Studi
  2. SMK sederajat per Bidang Keahlian
  3. SMP dan SD sederajat per Rombel
  • Jumlah peserta pada jenjang SMP sederajat, SMA sederajat, dan SMK sejumlah 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan dan untuk jenjang SD sederajat sejumlah 30 peserta utama dan 5 peserta cadangan
  • Bila PD kurang dari atau sama dengan jumlah yang ditentukan (45/30) maka seluruh PD yang didaftarkan akan diikutkan tanpa ada cadangan.

Guru/Pendidik

  1. Terdaftar pada sistem Dapodik atau EMIS
  2. Aktif mengajar (ASN dan Non-ASN) pada satuan pendidikan;
  3. Guru/Pendidik yang mengajar pada lebih dari satu satuan pendidikan mengikuti Asesmen Nasional di setiap satuan pendidikan tempat yang bersangkutan mengajar;
  4. Guru/Pendidik pada Satuan Pendidikan Luar Biasa yang peserta didiknya tidak mengikuti Asesmen Nasional tetap mengikuti Asesmen Nasional.
    Guru/Pendidik yang berkewarganegaraan Indonesia (WNI) di SILN, SPK, dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri didaftarkan sebagai calon peserta Asesmen Nasional.

Kepala Satuan Pendidikan

  1. Terdaftar pada sistem Dapodik atau EMIS
  2. Aktif menjabat sebagai kepala satuan pendidikan (ASN atau Non ASN) pada satuan pendidikan;
  3. Kepala satuan pendidikan yang menjabat pada lebih dari satu satuan pendidikan mengikuti Asesmen Nasional di setiap satuan pendidikan tempat yang bersangkutan bertugas;
  4. Kepala satuan pendidikan pada Satuan Pendidikan Luar Biasa yang peserta didiknya tidak mengikuti Asesmen Nasional tetap mengikuti Asesmen Nasional.
  5. Kepala satuan pendidikan yang berkewarganegaraan Indonesia (WNI) di SILN, SPK, dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri didaftarkan sebagai calon peserta Asesmen Nasional

Pendataan Peserta

  1. Pengelola data di setiap satuan pendidikan mendata peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan yang ada di satuan pendidikannya masing-masing.
  2. Satuan pendidikan dalam binaan Kemendikbud mendata peserta (peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan) ke pangkalan data Dapodik.
  3. Satuan pendidikan dalam binaan Ditjen Pendis Kemenag mendata peserta (peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan) ke pangkalan data EMIS.
  4. Satuan pendidikan dalam binaan Ditjen Bimas Kristen, Ditjen Bimas Katolik, Ditjen Bimas Hindu Kemenag mendata peserta didik, pendidik, dan kepala
  5. satuan pendidikan ke pangkalan data Dapodik.
  6. Pengelola data di setiap satuan pendidikan melakukan proses verifikasi dan validasi peserta didik (NISN) pada sistem verval PD yang disediakan Pusdatin Kemendikbud.
  7. Pengelola data di setiap satuan pendidikan mendaftarkan peserta didik yang memiliki NISN valid

Pendataan Peserta (Lanjutan)

  1. Pendaftaran peserta didik melalui mekanisme tarik data dari laman pd.data.kemdikbud.go.id ke laman pendataan asesmen nasional.
  2. Daftar peserta yang telah disampling (DNS) selanjutnya dicetak oleh pengelola data kabupaten/kota atau provinsi sesuai kewenangan dan diberikan ke satuan pendidikan untuk diverifikasi.
  3. Daftar peserta yang telah disampling dan diberi nomor peserta (DNT) dicetak oleh pengelola data provinsi untuk diberikan kepada satuan pendidikan melalui dinas pendidikan kabupaten/kota.
  4. Pengelola data satuan pendidikan melakukan tarik data peserta yang telah ditetapkan dari laman pendataan AN ke laman manajemen asesmen nasional (ANBK) untuk dilakukan penempatan sesi, lokasi tes, cetak kartu login peserta, dan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tes.
  5. Data peserta Digunakan data Peserta Didik di Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

File lengkap Pendataan Asesmen Nasional Persiapan AN Tahun 2021 bisa ———DOWNLOAD DISINI———

Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kemudahan untuk segala urusan Aamiin...

Jangan Lupa juga gabung digroup

WhatsApp 1 Klik disini

WhatsApp 2

Mohon Klik LIKE, SHARE AND SUBSCRIBE Untuk Chanel Youtube silahkan kunjungi di Edi Saputra, S.PdI Yayasan Arraihan Belalau 

Silaturahmi Daerah – 1Kader Penggerak NU Se-Lampung Barat

Silaturahmi Daerah – 1Kader Penggerak NU Se-Lampung Barat Minggu 27 Oktober 2024 yayasanarraihanbelalau.blogspot.com - Kader Pen...